Kamis, 05 Desember 2013

SIKHISME (3) (Bukan Perpaduan Agama Hindu dan Islam)



  
Guru Agama Sikh
Guru Nanak dilahirkan di Talwandi Rai Bhoe, sebuah kota kecil di tepi sungai Ravi, pada tanggal 15 April 1469. Dari sudut pandang Hindu, orangtuanya memiliki kasta ksatria, ayahnya Mehta Kalu, adalah seorang Patwari yang bekerja pada perusahaan milik Rai Bular, seorang muslim, pemilik tanah yang luas di desa itu. Agama Sikh dikategorikan sebagai agama yang lahir atau berasal dari bangsa Arya. Perkataan guru berasal dari  bahasa Sanskrit gurū, yang bermakna "pengajar". Tradisi dan falsafah Sikhisme telah dibentuk oleh sepuluh orang guru dari tahun 1499 sehingga 1708. Setiap guru mendukung  dan menambah ajaran  yang diajar oleh guru sebelumnya,  Nanak adalah guru pertama, dan telah memilih seorang pendidik sebagai guru seterusnya. Gobind Singh merupakan guru manusia yang terakhir. Sebelum kematian beliau, Gobind Singh mengeluarkan pernyataan bahwa Guru Granth Sahib adalah guru terakhir dan abadi bagi orang Sikh.
Guru Nanak sangat menentang ajaran agama Hindu, tsemakin berjalannya waktu dan pergantian guru-guru agama Sikh menyebabkan ajaran mereka lebih ke Hindu daripada ke Islam, dikarenakan 3 faktor:
1.      Guru Nanak tidak terang-terangan dalam membawa agama baru sehingga setelah meninggalnya pengikutnya menghimpun diri dalam satu golongan/sekte tersendiri.
2.      Hampir semua yang mengikuti sekte baru berasal dari penganut Hindu sehingga mereka tetap mengikuti ajaran tersebut, akibatnya unsur ini menjadi bagian agama Sikh.
3.     Konflik kaum Sikh dengan kerajaan Mongol sehingga mengakibatkan kebencian mereka pada umat Islam.
Dalam sejarah agama Sikh, pengikut mereka hanya mempercayai dan mengikuti 10 orang guru yang sangat besar peranannya dalam agama Sikh. Berikut adalah daftar dari 10 orang pemimpin agama Sikh
  1. Shri Guru Nanak Sahib Ji
  2. Shri Guru Angad sahib Ji
  3. Shri Guru Amardas Sahib Ji
  4. Shri Guru Ramdass Sahib Ji
  5. Shri Guru Arjan Sahib Ji
  6. Shri Guru Hargobind Sahib Ji
  7. Shri Guru Har Rai Sahib Ji
  8. Shri Guru Har Krishan Sahib Ji
  9. Shri Guru Teg Bahadur Sahib Ji
  10. Shri Guru Gobind Singh Sahib Ji


Guru Nanak

Guru Nanak Dev
Guru Nanak Dev,  (lahir di Nankana Sahib, Punjab, (kini Pakistan) pada 20 Oktober 1469 – 22 September 1539, Kartarpur, Punjab, India), adalah pendiri Sikhisme, dan Guru Sikh pertama. Terdapat dua sumber awal mengenai kehidupan Guru Nanak, Janamsākhīs' dan vārs Bhai Gurdas. Guru Nanak sejak kecil sudah menunjukkan pemberontakan terhadap ajaran Hindu. Sebuah kisah yang paling terkenal adalah bagaimana Guru Nanak kecil menolak pemasangan benang suci janeu. Dalam tradisi Brahmin, bocah kecil yang beranjak dewasa akan mendapatkan benang suci putih yang diikatkan melingkar dari pundak kiri ke pinggang kanan. Benang ini dipakai terus sepanjang hidup. Setidaknya sekali dalam setahun, janeu kaum Brahmin diganti dalam upcara khusus.  Hanya orang kasta Sudra – kasta terendah – yang tidak melingkarkan janeu di tubuh mereka. Tetapi Guru Nanak tak peduli, tetap tak mau memasang benang itu ke tubuhnya. Baginya, kualitas manusia bukan ditentukan oleh benang.  Beliau bersabda : “Meskipun mereka melakukan pencurian, perzinahan, kebohongan, pelecehan, perampokan, dosa yang tak terbilang jumlahnya, menyakiti sesama makhuk siang malam, tetapi benang kapas selalu dilingkarkan Brahmana ke tubuh mereka. Mereka menggelar upacara, membunuh kambing, menyiapkan makanan, dan orang suci berkata ‘pasanglah janeu’. Ketika janeu itu sudah tua, benang itu dibuang, diganti yang lain”.



Guru Nanak sering berdebat dengan pemuka agama Hindu dan Muslim. Saripati keagungan kedua agama besar itu juga nampak dalam ajarannya. Guru Nanak adalah musafir, menempuh perjalanan beribu-ribu kilometer untuk mencari kebenaran hidup, pencerahan batin, dan keagungan Tuhan. Ia melintasi gunung-gunung salju Himalaya menuju Tibet, melintasi padang pasir Sindh, menyeberangi lautan Arabia, menempuh perjalanan suci ke tanah Mekkah, Baghdad, Persia, Afghan, untuk belajar dari alam semesta raya. Guru Granth Sahib, kitab suci umat Sikh, bukan hanya ditulis oleh guru-guru Sikh, tetapi juga oleh orang suci dari kepercayaan dan agama lain.

Hanya ada satu Tuhan, manusia bisa berhubungan langsung dengan Tuhan tanpa perlu perantaraan ritual atau pandita, dan penolakan terhadap pembedaan manusia berdasar kasta dan gender adalah hal-hal utama dalam ajaran Sikh.

Artikel selanjutnya :
Karya sejumlah orang suci yang menyumbang bagi tersusunnya Guru Granth Sahib secara kolektif dirujuk sebagai Bhagat Bani atau “Firman Umat”. Para orang suci ini tergolong pada latar belakang sosial dan keagamaan yang berbeda-beda, termasuk Hindu dan Muslim, tukang sepatu dan bahkan mereka yang haram disentuh. ……… . Kitab suci Guru Granth Sahib ini berisikan ajaran-ajaran suci dalam bentuk asli yang ditulis oleh para guru Sikh sendiri. ………. 'Guru Granth Sahib' adalah sebuah kitab yang tebal, dengan 1430 halaman, yang dikompilasikan dan disusun pada masa Guru-guru Sikh, dari 1469 hingga 1708. ……….


Compiled By : I Dewa Putu Sedana, 

0 komentar:

Posting Komentar