Senin, 24 Februari 2014

OTAK DAN SPIRITUAL



Bagi anda yang akan menekuni bidang spiritual, penting kiranya mengetahui bagian-bagian otak mana yang perlu dijaga atau dikembangkan, sehingga lebih memudahkan dalam berlatih spiritual. Berikut ini ada beberapa bagian dari otak yang perlu diperhatikan :



1.  Otak kanan dari otak besar  memiliki kemampuan intuitif, imajinasi (suka menghayal)., ketidaksadaran (sub-consciousness). kemampuan merasakan. Otak kanan berfungsi dalam perkembangan Emotional Quotient (EQ), misalnya sosialisasi, komunikasi, interaksi dengan manusia lain serta pengendalian emosi,



2.  Otak Kecil menyimpan dan melaksanakan serangkaian gerakan otomatis yang dipelajari seperti gerakan mengendarai mobil, gerakan tangan saat menulis, gerakan mengunci pintu dan sebagainya (gerakan otomatis ini, tersimpan dengan rapi pada alam bawah sadar).



3.     Otak tengah  berperan untuk meningkatkan kemampuan mengasihi orang lain.



4.    Sistem limbik menyimpan banyak informasi yang tak tersentuh oleh indera. Dialah yang lazim disebut sebagai otak emosi atau tempat bersemayamnya rasa cinta dan kejujuran. Carl Gustav Jung  menyebutnya sebagai "Alam Bawah Sadar"



Sistem saraf merupakan pusat keputusan dan komunikasi tubuh. Sistem saraf pusat (SSP) terdiri dari otak dan sumsum tulang belakang dan sistem saraf perifer yang terbuat dari serabut saraf. Bersama-sama mereka mengontrol setiap bagian dari kehidupan sehari-hari kita, dari bernafas, berkedip hingga membantu mengingat informasi. Otak mengatur dan mengkordinasi sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi. ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya. Saraf menjalar dari otak ke wajah, telinga, mata, hidung, dan sumsum tulang belakang... dan dari sumsum tulang belakang ke seluruh tubuh. Saraf sensorik mengumpulkan informasi dari lingkungan, lalu mengirimkan informasi tersebut ke sumsum tulang belakang, yang kemudian mempercepat pesan ke otak. Otak kemudian menerima pesan tersebut dan memberikan respon. Neuron motorik memberikan instruksi dari otak ke seluruh tubuh.















Selain paling penting, otak juga merupakan organ yang paling rumit. Seandainya jantung atau paru-paru Anda berhenti bekerja selama beberapa menit, Anda masih bisa bertahan hidup. Namun jika otak Anda berhenti bekerja selama satu detik saja, maka tubuh Anda mati. Itulah mengapa otak disebut sebagai organ yang paling penting dari seluruh organ di tubuh manusia



Otak terbentuk dari dua jenis sel: glia dan neuron. Glia berfungsi untuk menunjang dan melindungi neuron, sedangkan neuron membawa informasi dalam bentuk pulsa listrik yang di kenal sebagai potensial aksi. Mereka berkomunikasi dengan neuron yang lain dan keseluruh tubuh dengan mengirimkan berbagai macam bahan kimia yang disebut neurotransmitter . Neurotransmitter ini dikirimkan pada celah yang di kenal sebagai sinapsis. Avertebrata seperti serangga mungkin mempunyai jutaan neuron pada otaknya, vertebrata besar bisa mempunyai hingga seratus milyar neuron.



Otak manusia  adalah struktur pusat pengaturan yang memiliki volume sekitar 1.350cc dan terdiri atas 100 miliar sel saraf atau neuron. Otak manusia bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan dan pemikiran manusia. Oleh karena itu terdapat kaitan erat antara otak dan pemikiran. Otak dan sel saraf didalamnya dipercayai dapat mempengaruhi kognisi manusia. Pengetahuan mengenai otak mempengaruhi perkembangan psikologi kognitif.



Otak manusia adalah otak terbesar dari semua vertebrata, beratnya sekitar 3 pon (sektar, 1,4 kilogram). Cerebrum merupakan  85 persen dari berat otak. Otak juga berisi jutaan serabut saraf (akson dan dendrit)







Bagian-Bagian Otak



Otak terbagi menjadi empat bagian :



1.    Cerebrum (“conscious brain” atau otak besar). Cerebrum adalah bagian terbesar dari otak manusia yang juga disebut dengan nama Cerebral Cortex, Forebrain atau Otak Depan. yang dianggap sebagai sentral pemikiran, pusat kesadaran dan tindakan yang kompleks, tempat pengendalian emosi,  pusat pengaturan semua kegiatan kecerdasan intelektual atau IQ dan  merupakan pusat saraf utama.  Cerebrum membuat manusia memiliki kemampuan berpikir, analisis, logika, bahasa, kesadaran, memori, kemampuan visual, mengingat, membayangkan, serta merencanakan masa depan















Cerebrum  terbagi menjadi 4 (empat) bagian yang disebut Lobus.



a  Lobus Frontal.  Lobus ini berhubungan dengan kemampuan membuat alasan, kemampuan gerak, kognisi, perencanaan, penyelesaian masalah, memberi penilaian, kreativitas, kontrol perasaan, kontrol perilaku seksual dan kemampuan bahasa, secara umum berfungsi mengatur gerakan sadar.. Di belakang (Posterior) sulkus entralis merupakan daerah sensori. Pada daerah ini berbagai sifat perasaan dirasakan kemudian ditafsirkan



Cerebrum (otak besar) juga bisa dibagi menjadi dua belahan:



1)  Belahan otak kanan mengontrol sisi kiri tubuh, Otak kanan terlibat dalam kreativitas dan kemampuan artistik. Otak kanan berfungsi dalam perkembangan Emotional Quotient (EQ). Misalnya sosialisasi, komunikasi, interaksi dengan manusia lain serta pengendalian emosi, kemampuan intuitif, imajinasi (suka menghayal)., ketidaksadaran (sub-consciousness). kemampuan merasakan, memadukan, dan ekspresi tubuh, seperti menyanyi, menari, melukis dan segala jenis kegiatan kreatif lainnya., kemampuan refleksi, daya ingat, kepribadian, lebih memiliki rasa cinta kasih, lebih mencintai orang tua sendiri, termasuk orang yang lebih tua, memiliki kecerdasan dan kerukunan. dan lain sebagainya. Seseorang dengan kecenderungan otak kanan yang lebih dominan cenderung dapat lebih berperasaan serta kurang kemampuan manajerial, bersifat emosional dan bertindak dengan mengikuti perasaan, Spontan dan bebas dalam mengekspresikan emosi. Senang bekerja dalam team. pandai bergaul, namun mengalami kesulitan dalam belajar hal-hal yang teknis.











2)   Otak Kiri. . Otak kiri dikenal berperan pada logika, pembelajaran bahasa, angka, tulisan, hitungan, analisis dan proses pemikiran logis, lebih berhati-hati dan mengikuti peraturan, dapat menjawab persoalan dengan cepat, namun kurang pandai dalam hubungan sosial Seseorang dengan kecenderungan otak kiri yang lebih dominan lebih egois, mementingkan diri sendiri, mudah iri hati, sombong, logis, obyektif dan rasional menunjukan sifat yang lebih teratur, kemampuan menulis dan membaca, lebih mengandalkan aspek verbal subjek, dan lain sebagainya. Individu dengan dominasi otak kiri dianggap relatif lebih cerdas daripada seseorang dengan dominasi otak kanan. Sisi kiri otak dianggap mahir untuk mengerjakan tugas yang melibatkan logika, bahasa dan berpikir analitis. Otak kiri juga dapat dilatih dengan memberikan berbagai kasus analisis, namun kebanyakan orang lebih suka belajar cara melatih otak kanan agar seimbang.



Belahan otak mana yang lebih baik? Keduanya baik. Setiap belahan otak punya fungsi masing-masing yang penting bagi kelangsungan hidup manusia.



b.   Lobus Parietal berada di tengah, berhubungan dengan proses sensor perasaan seperti tekanan, sentuhan dan rasa sakit, terkait dengan gerakan, persepsi, pengenalan orientasi,  rangsangan.  pusat pengecapan dan pembau.. Sebagian dari otak yang dikenal sebagai korteks somatosensori terletak di lobus ini dan sangat penting untuk pengolahan indra tubuh. Kerusakan pada lobus parietal dapat menyebabkan masalah dengan memori verbal, gangguan kemampuan untuk mengendalikan pandangan mata dan masalah dengan bahasa.



c.    Lobus oksipital, terkait dengan pemrosesan visual. terletak di bagian belakang otak dan berhubungan dengan rangsangan visual, menafsirkan  informasi. Korteks visual primer, yang menerima dan menafsirkan informasi dari retina mata yang terletak di lobus oksipital. Kerusakan pada lobus ini dapat menyebabkan masalah penglihatan seperti kesulitan mengenali objek, ketidak mampuan untuk mengidentifikasi warna, dan kesulitan mengenali kata-kata



d.  Lobus temporal terletak di bagian bawah otak. Lobus ini juga merupakan lokasi dari korteks pendengaran primer, yang penting untuk menafsirkan suara dan bahasa yang kita dengar. Hippocampus juga terletak di lobus temporal, itulah sebabnya mengapa otak juga sangat terkait dengan pembentukan ingatan, memroses suara dan bahasa untuk memainkan peran dalam memori, emosi. berhubungan dengan rangsangan visual yang memungkinkan manusia mampu melakukan interpretasi terhadap objek yang ditangkap oleh retina mata. Kerusakan pada lobus temporal dapat menyebabkan masalah dengan memori, persepsi mencerna kata-kata, dan kemampuan bahasa. 

2.   Cerebellum (otak kecil sebelah belakang). Cerebellum terletak di bawah otak besar di bagian belakang kepala di bawah lobus oksipital serebrum dekat dengan ujung leher bagian atas.dan memiliki fungsi penting dalam mengontrol motorik / mengontrol  fungsi otomatis otak. Fungsi bagian otak manusia ini memainkan peran dalam koordinasi dan keseimbangan, mengatur sikap atau posisi tubuh yang juga memungkinkan untuk memiliki beberapa fungsi kognitif, koordinasi otot dan gerakan tubuh. yang terjadi secara sadar.. diantaranya: mengatur sikap atau posisi tubuh, mengontrol keseimbangan, koordinasi otot dan gerakan tubuh. Otak Kecil juga menyimpan dan melaksanakan serangkaian gerakan otomatis yang dipelajari seperti gerakan mengendarai mobil, gerakan tangan saat menulis, gerakan mengunci pintu dan sebagainya.   Otak kecil (Cerebelum). merupakan bagian terbesar otak belakang. "Otak kecil", mirip dengan cerebrum, dalam hal ini memiliki dua belahan otak dan memiliki permukaan yang sangat terlipat berlekuk-lekuk atau korteks. Jika terjadi cedera pada otak kecil, dapat mengakibatkan gangguan pada sikap dan koordinasi gerak otot. Gerakan menjadi tidak terkoordinasi, misalnya orang tersebut tidak mampu memasukkan makanan ke dalam mulutnya. atau tidak mampu mengancingkan baju.






3.    Brainstem (Batang Otak) (“reptilian brain” atau otak reptil). Batang otak merupakan bagian "paling sederhana" dari otak manusia karena otak seluruh binatang, seperti reptil (yang muncul awal pada skala evolusi) menyerupai batang otak kita. Batang otak (brainstem) berada di dalam tulang tengkorak atau rongga kepala bagian dasar dan memanjang sampai ke tulang punggung atau sumsum tulang belakang.  Fungsi batang otak ini meliputi fungsi dasar kehidupan vital seperti pernapasan, detak jantung, dan tekanan darah. menyampaikan informasi antara otak dan tubuh, memasok beberapa saraf kranial ke wajah dan kepala dan melakukan fungsi penting dalam mengendalikan jantung, pernapasan dan kesadaran, suhu tubuh, mengatur proses pencernaan, dan merupakan sumber insting dasar manusia yaitu fight or flight (lawan atau lari) saat datangnya bahaya. 




Batang Otak terdiri dari tiga bagian, yaitu:



a.  Besencephalon atau Otak Tengah (disebut juga Mid Brain) adalah bagian teratas dari batang otak yang menghubungkan Otak Besar dan Otak Kecil, menghubungkan otak besar dengan sumsum tulang belakang, yang berhubungan dengan fungsi visual,.. Otak tengah terletak di bagian rostral dari batang otak, yang meliputi tectum dan tegmentum. Otak tengah berfungsi dalam hal mengontrol respon penglihatan, gerakan mata, pembesaran pupil mata, mengatur gerakan tubuh dan pendengaran.  Otak tengah juga berperan untuk meningkatkan kemampuan mengasihi orang lain. Otak tengah adalah jembatan untuk menghubungkan dan menyeimbangkan fungsi otak kiri dan kanan. dan tidak aktif pada sebagian besar orang dewasa. Mengaktifkannya akan memungkinkan baik otak kiri maupun kanan berfungsi secara normal.



b.    Medulla oblongata (Sumsum lanjutan) adalah titik awal saraf tulang belakang dari sebelah kiri badan menuju bagian kanan badan, begitu juga sebaliknya. Medulla oblongata mengontrol fungsi otomatis otak, seperti detak jantung, sirkulasi darah, pernafasan, dan pencernaan. mengantar impuls dari sumsum tulang belakang ke otak mengendalikan reflex fisiologi, kelenjar, bersin, batuk, berkedip.



c.  Pons, bagian dari metencephalon di otak belakang, terletak  di bawah sistem limbik.. Beberapa struktur dalam pons terkait dengan otak kecil, sehingga terlibat dalam gerakan dan postur. Pons merupakan stasiun pemancar yang mengirimkan data ke pusat otak bersama dengan formasi reticular. Pons yang menentukan apakah kita terjaga atau tertidur Bagian ini terlibat dalam kontrol motor dan analisis sensorik... Misalnya, informasi dari telinga pertama memasuki otak di pons.



4.    Limbic system (“mammalian brain” atau otak mamalia). (Sistem tungkai / Sistem limbik),   ang sering disebut sebagai "otak emosional", ditemukan terkubur di dalam otak besar. Sistem limbik terletak di bagian tengah otak, membungkus batang otak ibarat kerah baju. Limbik berasal dari bahasa latin yang berarti kerah. Bagian otak ini sama dimiliki juga oleh hewan mamalia sehingga sering disebut dengan otak mamalia. Sistem limbik berfungsi menghasilkan perasaan, mengatur produksi hormon, memelihara homeostasis, rasa haus, rasa lapar, dorongan seks, pusat rasa senang, metabolisme dan juga memori jangka panjang. Sistem limbik menyimpan banyak informasi yang tak tersentuh oleh indera. Dialah yang lazim disebut sebagai otak emosi atau tempat bersemayamnya rasa cinta dan kejujuran. Carl Gustav Jung  menyebutnya sebagai "Alam Bawah Sadar" atau ketidaksadaran kolektif, yang diwujudkan dalam perilaku baik seperti menolong orang dan perilaku tulus lainnya. LeDoux mengistilahkan sistem limbik ini sebagai tempat duduk bagi semua nafsu manusia, tempat bermuaranya cinta, penghargaan dan kejujuran.



 







Komponen limbik antara lain : thalamus, hipotalamus, amigdala, hipocampus :



a.   Thalamus merupakan sebuah massa besar dari materi abu-abu terletak mendalam di otak bagian depan di bagian paling atas dari diencephalon. Struktur ini memiliki fungsi sensorik dan motorik. Hampir semua informasi sensorik memasuki struktur ini di mana neuron mengirim informasi tersebut ke korteks atasnya. Akson dari setiap sistem sensorik (kecuali penciuman) menempel di sini sebagai situs estafet terakhir sebelum informasi tersebut mencapai korteks serebral. Thalamus bertindak sebagai stasiun pemancar penerus (relay station) untuk sensor eksternal, seperti informasi visual. Informasi ini diteruskan ke daerah tertentu dari korteks untuk pemrosesan akhir. Thalamus menyampaikan sinyal sensorik dan motorik ke korteks dan terlibat dalam mengatur kesadaran, tidur dan kewaspadaan. Fungsi otak manusia bagian Hipotalamus akan menghubungkan sistem saraf dengan sistem endokrin, di mana hormon diproduksi melalui kelenjar pituitari. Otak depan Talamus (Diensefalon),   yang berfungsi antara lain menghubungkan komunikasi antar belahan otak besar.  .



b.   Hipotalamus mengatur perasaan dan gerakan, Pengaturan suhu tubuh, lapar, haus. bagian memutuskan mana yang perlu mendapat perhatian dan mana yang tidak. Hipotalamus merupakan bagian dari diencephalon, ventral ke talamus. Struktur ini terlibat dalam fungsi homeostasis, emosi, kehausan, kelaparan, irama sirkadian, dan kontrol dari sistem saraf otonom. Selain itu, ia mengendalikan hipofisis.



c.   Amigdala merupakan bagian dari telencephalon, yang terletak di lobus temporal, yang terlibat dalam memori, emosi, dan ketakutan. Amigdala terletak di bawah permukaan bagian depan, sebelah medial dari lobus temporal di mana menyebabkan tonjolan di permukaan disebut uncus (komponen dari sistem limbik).



d.   Hippocampus merupakan bagian dari otak hemisphers di bagian sebelah medial basal dari lobus temporal. Ini bagian dari otak yang penting untuk belajar dan memori, untuk mengubah memori jangka pendek ke memori yang lebih permanen, dan untuk mengingat hubungan spasial.  Berikut adalah representasi visual dari sistem ini, dari pandangan midsagittal dari otak manusia





Dengan demikian maka bagian-bagian otak yang perlu anda perhatikan  dan dikembangkan adalah otak kanan,  otak kecil, otak tengah dan system limbic.





Sumber :



  1. Aktivasiotak.com
  2. blogging indo
  3. Blooging.co id
  4. calvin
  5. Dewi hermawati setiani
  6. http://alternativespirituality.suite101.com/article.cfm/spirituality_and_the_brain
  7. Info.kes.com
  8. Terapimusik.com
  9. Wikipedia bahasa indonesia, ensiklopedia bebas



0 komentar:

Posting Komentar