Rabu, 28 Mei 2014

MEMBANGKITKAN PIKIRAN BAWAH SADAR (1)



Pikiran Sadar, Pikiran  Ambang Sadar dan Pikiran Bawah Sadar
Pikiran manusia mempunyai kekuatan yang luar biasa, dan pikiran bawah sadar memegang peranan yang jauh lebih besar dari pada pikiran sadar.  Pikiran sadar hanya berpengaruh sekitar kurang lebih 12 persen, sementara pengaruh pikiran bawah sadar memegang kendali hidup manusia sekitar 88 persen. Pikiran manusia ibarat pemancar yang menghasilkan getaran gelombang energi yang dipancarkan ke segala arah. Dan getaran energi ini akan direspon oleh kekuatan energi yang jauh lebih besar yaitu energi alam semesta. Energi alam semesta mengembalikan jauh lebih besar setiap gelombang energi yang kita pancarkan baik kepada kita ataupun kepada orang lain yang memiliki gelombang pikiran yang sama. Mungkin anda pernah mengalami suatu kejadian, saat sedang melamun atau memikirkan seseorang, tiba-tiba orang yang dilamunkan itu menghubungi anda. Atau ketika menghayal ingin memiliki sesuatu dan hayalan itu yang disimpan di pikiran  bawah sadar bisa terwujud di kemudian hari tanpa kita sadari. Itulah kekuatan pikiran bawah sadar dan pikiran sadar manusia.

Ada[i]  kutipan asing yang mengatakan bahwa We are what we think (Kita adalah apa yang kita pikirkan). Ada juga ungkapan lain yang mengatakanIf you think you can, you can. (Jika kita berpikir kita bisa maka kita pasti bisa).Kutipan-kutipan di atas sesungguhnya mau menggambarkan kepada kita betapa dahsyatnya kekuatan pikiran manusia itu. Oleh karena itu, kita harus menggunakan pikiran kita secara baik karena dapat mempengaruhi pola tindak dan pola laku kita. Otak sadar manusia layaknya bongkahan gunung es yang muncul di permukaan. Selebihnya berupa alam bawah sadar yang memiliki kekuatan maha dahsyat. Banyak keberhasilan bisa diperoleh dari mengelola alam bawah sadar.

Di alam semesta, energi hanya terdiri dari dua macam, yakni energi positif dan energi negatif. Demikian pula dengan pikiran manusia hanya ada pikiran positif dan pikiran negatif yang menghasilkan getaran gelombang energi yang akan mempengaruhi kehidupan manusia. Sadar atau tidak, setiap pikiran yang kita hasilkan akan sangat berpengaruh dengan terbentuknya getaran gelombang energi yang menyelimuti kita, yang sering disebut dengan aura tubuh. Bila kita sering berpikir negatif maka aura tubuh yang menyelimuti kitapun menjadi negatif pula. Dan bila kita selalu berpikir positif, maka aura tubuh yang menyelimuti kita menjadi positif. Kalau tidak percaya, bisa dibuktikan dengan foto aura. Contoh pikiran yang membuat gelombang energi menjadi negatif adalah perasaan sedih, kecewa, putus asa, khawatir, ragu-ragu, benci dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, tidaklah heran bila orang yang selalu memelihara pikiran negatif itu maka hidupnya diliputi dengan hal-hal yang negatif juga, apakah halangan dalam bekerja atau halangan dalam usaha untuk mendapatkan rejeki atau mengalami hal-hal yang tidak diinginkan seperti selalu sial.




Orang yang selalu berpikir positif, riang gembira, optimis dan penuh rasa syukur maka hidupnya pun selalu dipenuhi dengan energi positif. Sebab, setiap apa pun yang dikerjakan atau dilakukan akan berbuah menjadi suka cita. Dalam melaksanakan pekerjaan, seberat apapun pekerjaan itu semua menjadi lebih mudah untuk diselesaikan. Untuk itu kita harus memelihara pikiran positif. Menyelaraskan pikiran sadar dan pikiran bawah sadar menjadi satu kesatuan gelombang energi yang positif. Bila pikiran kita menjadi ragu-ragu cepatlah rubah menjadi pikiran optimis. Bila kita sedih cepatlah merubah kesedihan itu menjadi kegembiraan. Bila ada rasa khawatir maka relakan atau pasrahkanlah semuanya kedalam kehendak Yang Kuasa, yang menguasai alam semesta. Setiap apa yang kita pikirkan atau hayalkan dan kita beri perhatian lebih, maka cepat atau lambat alam semesta pun akan meresponsnya jauh lebih besar pula. Sudah saatnya berpikir yang baik, berbicara yang baik dan berprilaku yang baik, agar alam semesta memberi kebaikan dalam kehidupan ini
 .
Freud menjelaskan bahwa pikiran sadar adalah segala sesuatu yang disadari oleh manusia pada saat-saat tertentu, penginderaan langsung, ingatan, pemikiran, fantasi dan perasaan yang dimiliki manusia.  Sedangkan pikiran ambang sadar, yaitu segala sesuatu  yang dengan mudah dipanggil ke pikiran sadar, seperti kenangan-kenangan yang walaupun tidak Anda ingat ketika Anda berfikir, tetapi dapat dengan mudah dipanggil lagi.  Keduanya adalah bagian terkecil dari pikiran.

Adapun bagian terbesarnya adalah pikiran bawah sadar (unconscious mind). Bagian ini mencakup segala sesuatu yang sangat sulit dibawa ke pikiran sadar, seperti nafsu dan insting kita serta segala sesuatu yang masuk ke dalamnya karena kita tidak mampu menjangkaunya, seperti kenangan pahit atau emosi yang terkait dengan trauma. Pikiran bawah sadar adalah sumber dari motivasi dan dorongan yang ada dalam diri kita, apakah itu hasrat yang  sederhana seperti makanan atau seks, daya-daya neurotik, atau motif yang mendorong seorang seniman atau ilmuwan berkarya. Anehnya, kita sering terdorong untuk mengingkari atau menghalangi seluruh bentuk motif ini naik ke pikiran sadar. Oleh karena itu, motif-motif itu kita kenali dalam wujud samar-samar. Pikiran kita itu seperti bawang yang berlapis-lapis. Secara garis besar manusia punya satu pikiran/kesadaran yang terdiri dari dua bagian, yaitu Pikiran Sadar dan Bawah Sadar. Pikiran Sadar adalah proses mental yang bisa Anda kendalikan dengan sengaja. Pikiran Bawah Sadar adalah proses mental yang berfungsi secara otomatis sehingga Anda tidak menyadarinya dan sulit untuk dikendalikan secara sengaja.
Kita memiliki  dua  jenis pikiran, pikiran sadar dan pikiran bawah sadar yang sebenarnya merupakan suatu kesatuan. Kedua pikiran ini saling bekomunikasi dan bekerja dalam waktu bersamaan, secara paralel. Pikiran sadar memiliki empat fungsi utama, yaitu
1.     Mengidentifikasi informasi yang masuk
2.     Membandingkan
3.     Menganalisis
4.     Memutuskan


Sumber : Dicantumkan pada Artikel : MEMBANGKITKAN PIKIRAN BAWAH SADAR (8)

Compiled : IDP Sedana, Drs, MBA.

BACA JUGA :
Membangkitkan Pikiran Bawah Sadar 2
Fisika Quantum, Menembus Ruang dan Waktu  1
Kehidupan Setelah Kematian 1
Agama Tao 1

2 komentar:

  1. trimakasih infonya sangat menarik,,
    bermanfaat sekali,,
    mantap,,.

    BalasHapus
  2. Postingannya mantap gang,,, kalau manusia bisa membangkitkan pikiran bawah alam sadarnya kira2? bisa apa yh?
    Kunjung balik u/ peningkatan Blog sy
    di sini.
    Klo bisa Url Blog sy ini http://fisika-info.blogspot.co.id/
    bisa di jadikan referensi di Blog Bapak

    BalasHapus