Senin, 02 Juni 2014

MEMBANGKITKAN PIKIRAN BAWAH SADAR (2)





Pikiran Bawah Sadar
Pikiran Bawah Sadar  adalah bagian dari pikiran kita yang memproses intuisi (pengetahuan tanpa belajar), dan gudang kreativitas, serta mengetahui penyebab dan solusi bagi masalah pribadi kita. Orang-orang tradisional, apabila mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan, ingin tahu sesuatu yang tersembunyi atau mereka bingung dalam menentukan pilihan, maka mereka akan mencari wangsit atau ilham dengan cara latihan-latihan spiritual seperti meditasi dan bertapa. Wangsit atau ilham tidak lain adalah intuisi dari Bawah Sadar kita sendiri. Sedangkan meditasi dan bertapa merupakan cara tradisional yang terbukti bisa digunakan untuk komunikasi dengan Pikiran Bawah Sadar. Pikiran bawah sadar adalah pusat kekuatan kita, bagian yang menakjubkan dari diri kita. Pikiran bawah sadar itu adalah sisi spiritual diri kita yang mengekspresikan diri melalui perasaan dan intuisi. Ia tidak memiliki batas-batas kecuali yang ditempatkan atasnya oleh pikiran sadar pada waktu pikiran sadar itu memilih pikiran atau oleh pengkondisian kita sebelumnya. Pikiran bawah sadar adalah karunia Tuhan yang kita miliki, peti harta karun yang memiliki potensi yang sangat besar.


Pikiran bawah sadar kita sangat kuat sekali. Dalam proyeksi kehidupan, pikiran bawah sadar ini merupakan sebuah gudang yang luas, yang menyimpan semua pengalaman hidup kita, citra diri kita. Pikiran bawah sadar bisa terprogram. Dan, kata-kata yang negatif lebih cepat diserap dan tersimpan. misalnya: Seorang guru  berkata kepada seorang muridnya,”Kamu bodoh”, Seiring pertumbuhan si murid, dia merasa bodoh. Sebetulnya, ketika dibilang bodoh, tanpa disadari si murid  mencitrakan diri sebagai orang bodoh, dan pikiran bawah sadar mengambil alih pencitraan dirinya. Pikiran bawah sadar memasuki pikiran si murid, yang mengatakan bahwa dia bodoh. Sehingga akhirnya “bodoh” itu menjadi sebuah keyakinan di dalam diri si murid dan akhirnya mempengaruhi sikap dan perilakunya. Dan pada akhirnya, si murid mempunyai citra diri bahwa dirinya bodoh.

Kekuatan pikiran bawah sadar begitu besar dan  dapat dimanfaatkan untuk mencapai tujuan tiga sampai tujuh kali lebih cepat. Dalam memprogram diperlukan emosi positif dengan mencurahkan segenap jiwa. Saat meditasi, kita harus membayangkan bahwa keinginan kita benar-benar terjadi. Ketika menginginkan menikah, maka pikiran  bawah sadar kita tuntun dan ciptakan sebuah visual yang indah. Begitu juga saat kita menginginkan gaji Rp 20 juta perbulan, maka visualisasikan dalam  pikiran bahwa kita secara mental telah menerima uang sebanyak itu.

Sifat fikiran selalu penuh dengan keraguan. Kondisi Beta akan mendorong kita untuk merasa ragu melakukan sesuatu. Karena itu, Pikiran bawah sadar memerlukan sifat tegas, tentu saja dibarengi dengan unsur emosi yang kuat, dalam hal ini hindari emosi negatif, tetapi gunakan emosi positif. Pikiran bawah sadar dapat membantu kita merealisasikan impian kita. Dalam hal ini sudah agak berbau spiritual, misalnya : Bila anda sangat-sangat merindukan seseorang, orang itu dapat merasakan resah atau turut merindukan anda. Bila anda meniatkan dan benar-benar meyakini untuk dapat tempat parkir, maka bisa terjadi keajaiban anda benar-benar menemukannya. Seorang ibu bisa merasakan keresahan bila terjadi hal-hal kurang baik pada anak atau suaminya. Orang yang selalu berprasangka negatif maka tanpa ia sadari pikiran bawah sadar dia juga menarik hal-hal yang negatif untuk terjadi. Orang yang berprasangka bahwa mencari rejeki itu susah sekali, maka pikiran bawah sadarnya selalu menghindarkannya dari jalan rejeki yang besar, padahal sesungguhnya tersedia jalan kemudahan.


Umumnya manusia modern tidak banyak menggunakan potensi Pikiran Bawah Sadarnya karena di sekolah dia hanya diajarkan bagaimana menggunakan Pikiran Sadarnya (logika dan analisis). Padahal kalau kita mau menggunakan potensi Bawah Sadar kita, manusia bisa mengembangkan dirinya ke level yang lebih tinggi.

Pikiran bawah sadar (sub-counscious) mempengaruhi :
1.    Kayakinan dan nilai kehidupan
2.    Kebiasaan (reflek, baik, buruk)
3.    Emosi
4.    Memori jangka panjang
5.    Kepribadian
6.    Intuisi
7.    Kreativitas
8.    Persepsi

Pikiran bawah sadar  begitu besar mengontrol cara berfikir kita. Sub-counscious bisa diibaratkan sebuah handycam, yang akan merekam segala yang kita dengar, rasakan, lihat, alami, baik di kejadian sebelumnya maupun kejadian yang baru saja dialami.
Apa yang terjadi bila anda mampu menguasai pikiran bawah sadar anda dan mampu menyeimbangkan antara Counscious dan Sub-Counscious :
1.    Anda akan lebih produktif,
2.    Mampu mengendalikan emosi,
3.    Fokus terhadap tujuan,
4. Mampu memanipulasi suatu kegagalan menjadi suatu kesuksesan, sehingga anda mampu mengatasi segala kesulitan-kesulitan yang membuat anda berhenti untuk meraih impian anda.



Pikiran Bawah Sadar Merupakan Gudang Penyimpanan Memori ibarat komputer, Pikiran Sadar adalah RAM (tempat menyimpan memori kerja dan memori sementara), sedangkan Pikiran Bawah Sadar adalah Hard Disk yang tidak terbatas kapasitasnya. Apapun yang pernah Anda pikirkan dalam hidup Anda, secara sadar ataupun tidak, telah tersimpan dengan sangat rapi di Pikiran Bawah Sadar. Secara sadar Anda mungkin bisa lupa (karena kapasitas RAM pastinya terbatas). Namun sebenarnya Anda tidak pernah benar-benar lupa. Ingatan-ingatan yang terlupakan itu bisa diungkap dengan masuk ke Bawah Sadar. Untuk ilustrasi tentang pikiran sadar dan pikiran bawah sadar dapat digambarkan seperti dalam mesin pencari (search engiine) kita hanya bisa mengakses data atau keyword yang kita cari, sisa data yang tidak terpancing keluar adalah berbentuk database yang luar biasa dahsyatnya. Ibarat sebuah mesin pencari pikiran sadar adalah pikiran yang sedang kita gunakan keyword/kata kuncinya atau jika tampilan yang muncul ketika kita menggunakan sebuah mesin pencarian, sisanya tidak terlihat atau tidak terdeteksi lagi, jadi pikiran sadar adalah pikiran yang ada saat suatu waktu kita perlukan. Pikiran bawah sadar mengatur semua aktivitas hidup kita, bahkan saat kita sedang tidur, antara lain bernafas dan mengatur denyut jantung. Pikiran bawah sadar adalah sebuah data base raksasa yang memiliki sistem operasi yang paling canggih.

Seperti sebuah sistem komputer yang rentan terhadap serangan virus, pikiran bawah sadar pun rentan terhdap serangan  yang bisa merusak pikiran bawah sadar kita, yaitu,  ketakutan, panik, emosi yang berlebih, trauma dan fikiran negatif lainya,. Antivirus yang paling hebat untuk menyelamatkan pikiran bawah sadar kita adalah sikap positif dan rasa percaya kepada diri, dengan meyakinkan diri sendiri dengan mengucapkan kalimat yang positif. Pembentukan pikiran bawah sadar dapat lebih cepat terjadi, dengan membangun  rasa percaya diri, perasaan nyaman dengan diri sendiri, peraasaan bahagia, dan bayangkan apa yang anda ingin raih/lakukan maka kalau hal tersebut dilakukan secara konsisten maka pikiran bawah sadar anda akan menuntun anda menuju sebuah kesuksesan.

Saat kita di dalam kandungan ibu, kita telah dianugerahi Pikiran Bawah Sadar, hanya pikiran ini yang kita miliki, dimana fungsi logika dan emosi kita belum berfungsi. Di dalam kandungan sang janin yang telah cukup bulan, ia dapat bergerak, menendang, berputar dan lain sebagainya. Semua fungsi ini dijalankan oleh Pikiran Bawah Sadarnya. Mimpi dan mengigau adalah contoh nyata aktivitas pikiran bawah sadar di malam hari. 


Sumber : Dicantumkan pada Artikel : MEMBANGKITKAN PIKIRAN BAWAH SADAR (8)

0 komentar:

Posting Komentar