Rabu, 18 Juni 2014

MEMBANGKITKAN PIKIRAN BAWAH SADAR (4)


Relaksasi: Gerbang Menuju ke Kekuatan Pikiran Bawah Sadar.
Sebelum  mulai mengasah skill baru dengan  memanfaatkan kekuatan pikiran bawah sadar, perlu di pelajari.  cara untuk  relaksasi. Sebelum  memulai sebuah sesi affirmasi,  tubuh perlu ditenangkan untuk menenangkan pikiran,  membuang semua sampah untuk  mendapatkan aktivitas gelombang otak pada tingkat minimum sehingga  bisa fokus pada satu hal yang ingin dicapai. Pikiran bawah sadar lebih mudah untuk menerima dan bertindak sesuai sugesti saat dia merasa santai dan fokus pada satu hal itu.

Cara  Melakukan Relaksasi.
1.    Putar  musik yang menenangkan (opsional). Cobalah menggunakan musik saat pertama untuk merasakan apakah itu membantu anda untuk santai. Jika anda merasa lebih santai tanpa musik, maka jangan gunakan musik. Jika anda mempunyai keluarga, beritahu pasangan dan anak anda untuk tidak mengganggu selama 20 menit ke depan, atau selama waktu yang anda rencanakan.
2.   Duduklah di kursi yang nyaman dan bernapas dengan normal selama 30 detik dan membersihkan pikiran dari berbagai hal.
3.     Ambil napas panjang, tahan selama 5 detik, lepaskan secara perlahan, dan bayangkan tubuh anda merasa santai, seolah-olah turun ke level berikutnya.
4.    Kembali ke pernapasan normal selama 10 detik, bayangkan bahwa pernapasan ini lebih ringan dari saat anda memulai.
5.   Ulangi proses ini selama 4 atau 5 kali, kemudian saat mengeluarkan napas yang terakhir kali, tutup mata anda, dan katakan pada diri sendiri dengan tenang dan pelan :
a.     Otot di sekitar mataku santai sepenuhnya.  Aku tidak bisa membuka mataku meski aku ingin karena otot-otot nya begitu santai.
b.     Aku melihat  secercah sinar dari langit menyorot otot di sekitar mataku membuatku semakin santai. Cahaya  ini menerobos jauh ke dalam setiap urat syaraf, di sekitar mata ku, membuatnya semakin santai.
c.      Pernapasanku begitu ringan, denyut jantungku berdetak begitu lambat.  
d.    Sinar relaksasi menyebar dari mata turun ke wajah, turun ke rahang dan area sekitar, turun ke leher dan di sekitar bahu. .  Cahaya relaksasi bersinar di samping leher dan menyebar ke atas bahu, untuk membuatku santai. Kemudian  cahaya relaksasi bersinar di bagian depan leherku dan bergerak turun ke wilayah dada, merasuk  jauh ke dalam semua urat syaraf, dan serat,  turun ke arah solar plexus, lalu  turun ke perut dan wilayah sekitar, turun ke pinggang. 
e.     Cahaya relaksasi  turun  melewati bahu, menyebar ke pungung, dan samping, turun ke pinggang,merasuk ke dalam urat syaraf, dan serat, membuatnya semakin  santai,  
f.     Dari bahu kemudian   turun perlahan ke lengan, merasuk jauh ke dalam setiap urat syaraf,  dan serat dan membuatku  begitu santai,
g.   Cahaya  turun ke siku dan menenangkan setiap otot, kemudian bergerak turun ke  pergelangan tangan, telapak tangan, jari, dan semuanya keluar melewati ujung jari.
h.    Cahaya relaksasi bersinar di bagian pinggul dan pangkal paha dan bergerak turun ke paha,  menenangkan semua urat  syaraf, dan serat,  semuanya turun ke arah lutut,   terus turun ke  betis,  meluncur ke pergelangan kaki,  dan semuanya keluar melalui ujung jari kakiku,  setiap bagian dari tubuhku sekarang sangat santai sepenuhnya.”
6.   Jangan terburu-buru untuk melewati ini. Sediakan waktu sekitar 5 menit untuk melakukan relaksasi. Menghabiskan setidaknya sejumlah waktu itu. Juga, direkomendasikan  untuk melakukan ini di pagi hari sebelum berangkat kerja. Jika dilakukan di malam hari setelah bekerja seharian dan kemudian makan malam, anda mungkin akan tertidur dan kehilangan kesempatan untuk mempraktekkan skill baru dan merusak jadwal tidur malam anda. Jadi, cobalah di saat anda tidak merasa ngantuk, dan lakukan pada posisi duduk.
7.  Direkomendasikan untuk melakukannya dalam keadaan perut kosong atau menunggu setidaknya satu jam setelah makan besar. Jika anda melakukannya langsung setelah makan, maka makanan yang anda makan akan tetap di perut seperti sebuah gumpalan kerena metabolisme anda turun secara drastis.




Perhatikan setiap kali penempatan,  disaat itulah  berhenti sebentar dan membayangkan bagian tubuh anda menjadi santai. Bayangkan saja, seolah-olah tubuh anda menjadi santai, rasakan otot-otot anda menjadi santai. Kemudian bergerak ke area berikutnya. Kekuatan pikiran bawah sadar tidak terletak jauh di dalam jiwa anda. Dia cuma berada di bawah permukaan, hanya satu tingkat di bawah pikiran sadar. Relaksasi membantu anda untuk mendapatkannya

Sumber : Dicantumkan pada Artikel : MEMBANGKITKAN PIKIRAN BAWAH SADAR (8)


0 komentar:

Posting Komentar