Rabu, 10 September 2014

KEKUATAN PIKIRAN DAN MEDITASI (4)




Autosugesti

Melalui kata-kata yang didasari dari pemikiran kita, maka pikiran secara terus menerus memberikan instruksi kepada badan kita. Dengan sedikit pengamatan, kita akan menyadari proses ini. Seperti yang kita lihat segala sesuatu yang diciptakan berupa benda, pada mulanya hanyalah merupakan dorongan  spiritual, kemudian menjadi pemikiran kemudian menjadi perasaan. Sebelum anda membangan rumah tentu  ada rancangan sebelumnya berupa sebuah design, sebuah ide dalam pikiran . sedangkan kata-kata mrerupakan  ide kreatif yang diucapkan Keinginan dan impian kita adalah informasi penting bagi pikiran bawah sadar kita. Sebab keinginan, hasrat dan impian yang terekam kuat dalam pikiran bawah sadar akan menjadi daya dorong yang akan menggerakkan kita untuk mewujudkan impian kita. Keinginan-keinginan kita merupakan informasi penting untuk pikiran bawah sadar. Sebab keinginan yang terekam kuat dalam pikiran bawah sadar sangat besar dapat menjadi daya dorong yang akan menggerakkan  diri kita untuk berbuat sesuatu yang luar biasa. Keinginan yang sangat besar dan terekam dalam pikiran bawah sadar itulah yang dinamakan autosugesti.

Keinginan dan impian adalah informasi penting yang dibutuhkan pikiran bawah sadar kita. Bila anda mengatakannya secara berulang-ulang dan yakin tentang hal itu maka akan mengetuk kesadaran kita. Hasrat dan impian itulah yang memicu semangat untuk  berbuat sesuatu mewujudkan impian dan keinginan kita dan melakukan hal yang luar biasa.




Autosugesti seharusnya dilakukan dengan penuh rasa percaya, melibatkan emosi dalam diri, dilakukan penuh konsentrasi terhadap obyek yang positif, dan berulang-ulang. Selanjutnya, pikiran bawah sadar inilah yang akan mendikte gerak-gerik tubuh kita. Kekuatan yang ditimbulkan oleh pikiran bawah sadar itu sangat dahsyat entah digunakan untuk melakukan perbuatan buruk atau baik. Kadangkala niat untuk melakukan sesuatu secara otomatis muncul dari pikiran bawah sadar. Autosugesti akan mengetuk kesadaran (heartknock). Karena dilakukan berulang-ulang dan rutin, suatu ketika kata-kata tersebut akan menembus pikiran bawah sadar. Lalu pikiran bawah sadar itupun memompa semangat. Energi itu dapat dimanfaatkan untuk mewujudkan impian hidup kita. Mungkin kegiatan autosugesti  ini akan dianggap aneh oleh orang lain. Tetapi itulah salah satu cara untuk mengubah diri dari dalam. Biasakan mendengar pola pikir positif dan melakukan kebiasaan-kebiasaan yang konstruktif. Jangan ragu untuk melakukan hal-hal yang potensial, menumbuhkan optimisme dan kreatifitas.

Ada 5 (P) dalam melakukan autosugesti, yaitu;
1.    1.  Positive : pada saat melakukan autosugesti, pikirkan hal-hal yang positif saja.
2.  2. Powerful : lakukan dengan penuh keyakinan sebab dapat memberikan kekuatan untuk berbuat        sesuatu yang luar biasa.
3.  3. Precise : keinginan yang hendak dicapai harus sudah dapat di deskripsikan, karena pikiran bawah   sadar hanya bisa menyusun berdasarkan kategori.
4. 4.  Present Tense: dalam bentuk keinginan saat ini, bukan keinginan di masa lalu atau yang  akan datang.
5.  5. Personal : lakukan perubahan positif terhadap diri sendiri terlebih dahulu.




Autosugesti diri anda secara terus - menerus. Keinginan-keinginan kita merupakan informasi penting untuk pikiran bawah sadar. Autosugesti seharusnya dilakukan dengan penuh rasa percaya, melibatkan emosi dalam diri, dilakukan penuh konsentrasi terhadap obyek yang positif, dan berulang-ulang. Kadangkala niat untuk melakukan sesuatu secara otomatis muncul dari pikiran bawah sadar.

SUMBER  (dicantumkan pada artikel KEKUATAN PIKIRAN DAN MEDITASI terakhir).

0 komentar:

Posting Komentar