Kamis, 09 Oktober 2014

KEKUATAN PIKIRAN DAN MEDITASI (7)




Membuat Afirmasi
Afirmasi adalah salah satu  hal yang paling sederhana dan yang paling kuat yang bisa kita kerjakan  untuk mengubah kualitas dari kehidupan serta untuk menciptakan sesuatu yang kita inginkan. Begitu dahsyat dan luar biasanya pengaruh pikiran bawah sadar ini hingga banyak pakar di bidang neurosains mengatakan lebih dari 85 % hidup kita dikendalikan oleh pikiran bawah sadar. Artinya hanya 15 % saja pengaruh pikiran sadar dalam hidup kita. Anda mungkin pernah mengalami hal dimana ketika melakukan sesuatu anda merasa "Saya yakin hal ini pasti akan terjadi" atau hal - hal yang anda jalani kemudian terjadi persis seperti apa yang anda bayangkan sebelumnya. Itulah salah satu contoh bagaimana pikiran bawah sadar kita bisa menciptakan keajaiban. Hal - hal sederhana yang terus menerus diyakini dan dibayangkan secara konsisten dan jelas akan direspon positif oleh pikiran bawah sadar kemudian akan tercermin dalam sikap dan tindakan. Yang kemudian menghasilkan kenyataan yang persis seperti apa yang kita bayangkan sebelumnya.
Karena itu potensi luar biasa yang telah built - in yang diberikan Tuhan kepada kita ini jangan disia - siakan. Karena ketika potensi ini dioptimalkan secara maksimal dan konsisten maka bersiap - siaplah keajaiban akan terjadi dalam hidup anda.




Mengafirmasi berarti membuat penegasan. Sangat sedikit misteri mengenai bagaimana dan mengapa afirmasi bekerja, bilamana prinsip-prinsipnya difahami. Sebuah afirmasi adalah pernyataan secara lisan, pada saat sekarang, untuk menciptakan realitas yang diinginkan. Afirmasikan sa[a apa yang anda harapkan, jadikanlah  kenyataan itu dalam hatimu, dan anda akan menciptakan realitasnya.  Afirmasikan bahwa anda bebas, kuat, menarik, makmur dan dicintai – dan anda akan menemukan, bahkan sering dalam waktu cukup singkat, bahwa dunia luar anda mulai berubah sebagai refleksi dari perubahan yang anda sadari  didalam hati  anda. Kekuatan atau kelemahan sistem kekebalan tubuh kita pada akhirnya dipengaruhi oleh apa yang kita pikirkan, kita rasakan, kita katakan dan kita lakukan. Bahkan dengan mengutip pendapat Dr. Edward Bach, dikatakan juga bahwa semua penyakit merupakan suatu perwujudan yang didasari oleh keadaan pikiran yang negatif.

Karena itu cara terbaik untuk membangun mindset adalah dengan afirmasi. Setiap kali anda mengulang sesuatu tentang dirimu atau hal lain lagi dan lagi dan hal itu akan tenggelam dalam alam bawah sadar dan memperkuat apa yang anda katakan apapun itu dan akan menjadi bagian dari dirimu. Dengan kata lain, apapun yang anda yakini berasal dari apa yang anda pikirkan, dan setiap apa yang anda pikirkan maka hal itu akan menjadi kenyataan. Terlalu banyak affirmasi buruk mengenai dirimu sendiri dan membuatmu  gelisah dan menuntunmu ke dalam masalah besar. Kita dapat menggunakan teknik afirmasi untuk memperbaiki diri kita semudah cara kita membuat afirmasi negatif. Dengan mengulang afirmasi positif lagi dan lagi otak kita akan mulai percaya dan akan menjadikanmu lebih baik dan lebih kuat.

Ketika anda mengucapkan afirmasi berulang-ulang, hal itu  akan menjadi bagian dari hidupmu. Alam bawah sadar anda akan mengubah anda menjadi anda yang baru. Jika anda ingin hasil lebih cepat dan lebih baik, anda perlu merasakan setiap kata yang anda katakan. Tutup mata anda dan bayangkan apa yang anda ucapkan. Anda perlu yakin bahwa anda dapat melakukan itu dan berhasil, dan jangan pernah menyerah hingga anda mendapat apa yang anda inginkan. Afirmasi tidak cukup dilakukan satu kali saja. Oleh karena itu anda harus mengulang dan mengulang proses ini untuk beberapa bulan.




Afirmasi dapat dilakukan dalam tiga cara:
1.     Anda membacakan afirmasi dengan keras
2.     Anda menulisnya dan mengucapkannya dengan keras.
3.     Saat  mengulang afirmasi,  harus dalam kondisi di bawah alpha (Beta, Teta, Delta), yakni keadaan lelah dan menjelang tidur dan pada saat bangun tidur; kerjakan hal itu 2 kali sehari dalam waktu 12 minggu, dan  akan dapat dilihat hasilnya.

Afirmasi adalah suatu kekuatan untuk menciptakan sesuatu. “Setiap pemikiran berkaitan dengan suara; kata-kata dan pemikiran  tak dapat dipisahkan. Bagian luar dari “sesuatu”,  adalah apa yang kita sebut pemikiran. Pemikiran yang sama mungkin diekspresikan dengan kata-kata atau suara yang berbeda  Pemikiran dan suara bisa bermacam-macam, karena itu hubungan antara kata-kata dan pemikiran adalah sesuatu yang alami”. Afirmasi di lakukan dengan mengucapkan suatu hal dengan penuh keyakinan terhadap diri sendiri ( self talk ) untuk mencapai tujuan tertentu, kemudian merasakan dan mewujudkannya. Apapun yang anda katakan  dan pikirkan tentang dirimu sendiri, hakekatnya merupakan sebuah afirmasi. Apapun yang dikatakan orang lain kepadamu juga merupakan suatu afirmasi, bila anda menerimanya. Alam bawah sadar kita menerima semuanya – apakah untuk hal-hal yang lebih baik atau lebih buruk. Banyak diantara kita hidup dalam lingkungan, yang tidak selamanya mendukung.  Banyak diantara kita memiliki orang tua, keluarga, teman yang mungkin memberikan bermacam-macam afirmasi, yang meruntuhkan semangat pribadi kita. yang  merupakan afirmasi yang negatif




Tak dapat diragukan lagi, orang-orang mengafirmasi dirinya sendiri sehingga menjadi “kurang harga diri, acuh, tidak menarik, sakit-sakitan, lemah”  dll  Untungnya, afirmasi negatif yang demikian hebatnya yang bertahun-tahun dialami tanpa sadar, dapat diatasi dengan afirmasi  positif yang diulang-ulang tiap hari dalam beberapa minggu,. Hal ini karena afirmasi yang positif memiliki kekuatan yang paling besar di dunia, karena dibelakangnya terdapat kekuatan dari kebenaran  Dan anda adalah orang baik – bukan orang buruk. Dan sesungguhnya anda penyayang – meskipun rasa sayang itu tertimbun beratahun-tahun dibawah rasa kemarahan, rasa bersalah dan frustrasi yang tak terungkapkan. Karena itu, afirmasikan apa yang anda ketahui benar dalam hatimu dan anda akan menciptakan realitasnya 

SUMBER  (dicantumkan pada artikel KEKUATAN PIKIRAN DAN MEDITASI terakhir).

0 komentar:

Posting Komentar