Senin, 09 Mei 2016

ENERGI SPIRITUAL (3) - (Chakra Sebagai Pusat Energi Spiritual)




. 
Chakra Merupakan Pusat-Pusat Energi.
Chakra adalah pintu gerbang energi dari alam semesta ke dalam tubuh energi manusia dan keluar kembali ke alam semesta juga lewat chakra. Tubuh manusia terdiri atas tubuh fisik, eterik atau bioplasma (tubuh energi), tubuh astral dan roh. Menurut Sumarsono Wuryadi dalam Mind, Body and Soul menyebutkan, bahwa chakra ini berada dalam tubuh energi manusia. Karena itu maka ia tak bisa ditangkap dengan mata telanjang. Chakra berfungsi sebagai pembangkit dan pengendali  tenaga listrik. Chakra juga memberi energi pada organ-organ yang ada didekatnya. Bahkan bisa pula mengendalikan kondisi phisik dan spiritual seseorang. Chakra dari  kata Sansekerta yang berarti "pusaran energi". Jumlah pusat energi yang diidentifikasi bervariasi.  Setiap chakra  dianggap memiliki sendiri jenis energi spiritual. Energi dikenal juga sebagai "Prana" atau "Chi", yang dapat mengalir melalui chakra, tetapi hanya jika chakra  dibuka atau diaktifkan

Bentuk chakra utama mirip cakram berputar dengan garis tengah 7.7 – 10.2 cm. Chakra minor bergaris tengah 2.5 – 5 cm dan chakra super minor ( mini ) bergaris tenah kurang dari 2.5 cm. Dengan bentuk bagai corong yang mengecil diujungnya mengarah ke dalam dan membesar ke arah luar tubuh fisik. Karenanya chakra utama berfungsi mengendalikan dan memberi energi pada organ-organ vital di sekitarnya. Sementara chakra minor dan mini memberi energy hanya ke bagian tubuh yang kurang penting.

Ada tujuh pusat energi atau chakra  yg terletak di kelenjar-kelenjar sepanjang garis tengah punggung. Ketujuh chakra utama yang terhubung bersama oleh tiga nadi utama yang paralel satu sama lain. Nadi tengah disebut sushana dan memiliki karakteristik netral. Itu adalah saluran pendakian, dan kekuatan yang menopang evolusi kita dan membimbing kita, sadar atau tidak sadar, menuju kesadaran yang lebih tinggi. Di sebelah kiri sushana  adalah Nadi Ida yang berhubungan dengan masa lalu kita, emosi, keinginan, efektifitas, kenangan, kebiasaan. Di sisi kanan sushana adalah Nadi pingala yang berhubungan dengan tindakan kita dan perencanaan, untuk aktivitas fisik dan mental dan arti bahwa kita adalah individu, terpisah dari yang lain..
Setiap chakra merupakan pusaran energi vital yg bergetar secara aktif yg melebar melalui dan disekeliling permukaan tubuh dan mengeluarkan gelombang-gelombang getaran elektromagnetik yang dikenal sebagai Aura ,cahaya kehidupan.




Tujuh  Chakra Utama
Chakra Dasar
Adalah pusat energi, chakra kehidupan tubuh fisik. Chakra ini sudah ada sejak manusia masih dalam kandungan. Ketika terjadi pembuahan sel telur oleh sperma, terbentuklah energi kehidupan sejati ( kundalini atau kadang orang menyebutnya tenaga dalam ) yang memiliki medan energi. Jika chakra ini tidak bersih, kemampuan manusia menyembuhkan diri sendiri (anti bodi ) akan terganggu. Sifat chakra ini adalah panas dan stabil. kelenjar adrenal. pusat pertahanan, energi bumi; dunia eksternal; gerakan-gerakan kesehatan; kerja; uang; hubungan dengan bumi; perlindungan akan pertahanan hidup, keamanan; naluri binatang,  menghubungkan dorongan-dorongan jiwa dalam tubuh dengan bumi untuk meraih kemampuan bekerja secara bersemangat. Kebanyakan manusia memiliki 2 sampai 3 chakra yg aktif dengan kecenderungan yg berbeda. Sedangkan orang yg sudah tekun melakukan meditasi, seluruh chakra akan aktif. Baik dan buruk kehidupan tergantung dari susunan energi yang aktif atau tidak.

Chakra Seks
Adalah pusat energi dari tubuh emosi. Chakra yang mengendalikan emori-emosi dasar manusia seperti nafsu, amarah, takut, cinta, dendam dan sebagainya. Jika chakra ini tidak bersih, manusia menjadi kasar dan dapat muncul keanehan dan masalah seksual. mengarahkan diri kepada alam kesadaran fisik dan astral .Sifat chakra ini adalah hangat menggelora.

Chakra Solar Plexus/Pusar
Adalah chakra yang mengendalikan perasaan-perasaan yang lebih lembut seperti senang, kecewa dan sebagainya. Jika chakra ini tidak bersih, manusia menjadi emosional dan mudah depresi. Sifat chakra ini adalah sejuk dan lembut mengalir. (area pusar) / limpa : Pusat kekuatan; elemen api; dorongan ego; identitas; kepercayaan diri; energi wanita; “saya mampu” ; pencernaan. kepintaran,  realita dalam berpikir dan bertindak.

Chakra Jantung
Adalah chakra yang mengendalikan kemampuan manusia untuk mendeteksi kejadian-kejadian di sekelilingnya. Jika chakra ini tidak bersih, manusia kehilangan kepekaanya dan terganggu konsentrasinya. Chakra ini bersifat dingin dan stabil. (area hati) Kelenjar Thymus : Pusat cinta; rasa kasihan; energi jiwa yg lebih tinggi; rasa cinta tanpa syarat; cinta yang menyembuhkan; energi yang bersatu dengan sentuhan; cinta diri; impersonal namun dalam dan berarti; berhubungan dengan komunitas. melepaskan tekanan traumatis emosional, kesadaran jiwa/hati, mengekspresikan cinta dlm tindakan.kedamaian dan cinta kasih sayang.

Chakra Tenggorokan
Adalah chakra yang mengendalikan kelima indra manusia. Jika chakra ini tidak bersih mengakibatkan lidah yang merasa, telinga serasa tuli, mata rabun, hidung tersumbat, kulit tidak peka. Sifat chakra ini adalah netral dan menyerap. (area tenggorokan thyroid atau gondok) : Pusat ekspresi; komunikasi; kreatifitas seni; sains; musik; sastra; etnik; suara hati; pelatihan diri; suatu afirmasi bagi diri; berbicara dari kebenaran; intuisi intelektual; bahasa; kesadaran; seksualitas; ekspresi verbal dari hati dan pikiran, kemampuan untuk memverbalkan; mengekspresikan kebenaran melalui kekuatan kata yang terucap

Chakra Ajna
Dikennal juga sebagai Mata ketiga (ditengah-tengah kening) kelenjar di bawah otak.  Pusat persepsi, tempat kesadaran dan persepsi batiniah; pandangan; menggambarkan pusat dan jendela jiwa; kemampuan untuk membedakan ilusi dari realita.(membersihkan pikiran bawah sadar untuk berhubungan dengan intuisi; pola pikir seimbang; melihat kesempurnaan Ilahi pada seluruh hal kepekaan sebuah rasa indra batin.
Adalah chakra yang mengendalikan kreativitas manusia. Jika chakra ini tidak bersih akan mengakibatkan manusia kehilangan kreativitas dan mempengaruhi inteligensinya. Sifat chakra ini adalah netral memancar.

Chakra Mahkota
Adalah chakra yang mengendalikan kemampuan spiritual manusia. Jika chakra ini tidak bersih, sulit sekali untuk bisa berhasil melatih kemampuan spiritual dengan benar. Selain itu, chakra ini adalah gerbang hubungan langsung antara tubuh dengan roh dan berfungsi sebagai "suara hati". Maka chakra ini memegang peranan penting dalam tindakan manusia. Sifat chakra ini adalah netral mensucikan. Energi Alam Semesta mengalir masuk melalui chakra Mahkota dan terus merambat ke arah chakra-chakra lainnya yang aktif sehingga energy alam semesta  dapat memurnikan chakra-chakra lainnya. Pengaktifkan chakra ini dilakukan dengan meditasi.



Pengembangan Chakra.
Usia1-12 tahun, chakra Dasar (Muladhara) dengan energi penginderaan adalah yang paling mudah untuk dikembangkan.
Usia 12-24: Dalam usia 12 sampai 24,  Chakra Seks (Swaddhishthana), energi berpikir yang mulai  matang,
Usia 24-36: Chakra Solar Plexus (Manipura) yang mudah untuk dikembangkan
Usia 36-48: Lalu siklus baru dimulai, dan dari usia 36 sampai 48, Chakra Jantung (Anahata), dapat sepenuhnya terbuka dan mendominasi.
Usia 48-60: Jika Anda terus mewujudkan potensi Anda, maka fokus energi Anda akan berubah lagi, dan dari usia 48-60, itu akan menjadi pergantian ke Chakra Tenggorokan (Vishuddha) untuk bersinar.
Usia 60 sampai 72, energi jiwa Chakra Ajna terbuka sepenuhnya.
Usia  72-84, Anda dapat hidup dan keluar dari Chakra Mahkota (Sahasara),

Bagi mereka yang waskita energi pada manusia dapat terlihat melalui aura, yaitu lapisan tubuh non fisik yang berada di luar tubuh manusia yang juga dikenal sebagai lapisan tubuh isoterik. Fungsi lapisan tubuh isoterik adalah sebagai benteng manusia menghadapi energi negatif seperti virus, bakteri, energi negatif dari ilmu hitam, dll. Kuantitas dan kualitas lapisan tubuh isoterik merupakan ukuran dari berkembangnya chakra-chakra yang mana merupakan indikasi dari kedekatan manusia dengan hakekat Ilahi.



Energi alam semesta juga masuk melalui pori-pori tubuh, tapi yang terbanyak melalui chakra. Oleh karena itu fungsi chakra utama  antara lain menyerap energi, memrosesnya, kemudian membagi-bagikannya kepada organ vital manusia. Ketika energi-energi dalam chakra mengalir bebas dan terbuka, seseorang menciptakan suatu keadaan seimbang dan sehat dalam sistem tubuhnya. Ketika semua warna bervibrasi menurut frekuensinya  sempurna, resultante aura menjadi cahaya putih yang merupakan pembauran ketujuh warna.

Compiled : IDP Sedana

1 komentar:

  1. artikel yang menarik, jelas dan tertata rapi gan,.. saya suka

    https://mataketiga.com/2017/08/06/meditasi-dan-doa-adalah-sesuatu-yang-berbeda/

    BalasHapus