Senin, 13 Maret 2017

RUANG DAN WAKTU CONTINUM

Everyday Einstein explores the 4 dimensions of the space-time continuum

By
Lee Falin, PhD,


"Bisakah Anda memberi saya gambaran singkat tentang ruang-waktu?"
Itu pertanyaan besar, tapi aku akan melakukan yang terbaik. Seperti Anda mungkin tahu, kita hidup di ruang angkasa, yang merupakan hal yang 3 dimensi. Fakta bahwa ruang berarti 3 dimensi yang dapat Anda bergerak dalam tiga cara yang berbeda. Anda bisa memikirkan mereka sebagai sisi ke sisi, atas dan bawah, atau maju dan mundur.
Para ilmuwan biasanya menetapkan huruf untuk arah mereka: x, y, dan z. Jadi, jika Anda pindah 4 langkah ke kanan, Anda akan bergerak 4 langkah di sepanjang arah x atau "sumbu"  x seperti  ilmuwan menyebutnya. Jika Anda memindahkan 4 langkah ke kiri, Anda akan bergerak 4 langkah sepanjang negatif (atau sebaliknya) sumbu x ..
Tentu saja Anda juga dapat bergerak secara diagonal, tapi ini benar-benar hanya kombinasi dari dua atau lebih dari tiga cara bergerak. Jadi jika Anda mengambil satu langkah maju dan ke kanan, Anda akan bergerak sepanjang sumbu x dan sumbu z pada waktu yang sama.
Berdiri di Tempat Dimana Anda Tinggal

Mari kita bayangkan bahwa ruang tengah tamu Anda adalah pusat alam semesta. Jadi kita memberikan tempat yang koordinat x = 0, y = 0, dan z = 0. Lokasi ini disebut asal.
Kami juga akan mengatakan bahwa jika Anda bergerak ke utara atau selatan dari tempat itu, Anda bergerak sepanjang sumbu x, jika Anda bergerak ke atas atau ke bawah, Anda bergerak sepanjang sumbu y, dan jika Anda memindahkan timur atau barat Anda  bergerak sepanjang sumbu z.
Kita bisa menulis koordinat (atau lokasi) dari posisi Anda saat ini seperti ini: (0, 0, 0).
Jika Anda memindahkan satu meter ke kanan, kita bisa mengatakan bahwa posisi baru Anda adalah x = 1, y = 0, z = 0, atau (1, 0, 0). Kemudian jika Anda melompat ke udara, kita dapat mengatakan bahwa posisi baru Anda (sementara di udara) adalah x = 1, y = 1, z = 0, atau (1, 1, 0).

Sekarang penting untuk dicatat bahwa kita sewenang-wenang mengatakan bahwa x = 1 berarti 1 meter dari jarak dari pusat ruang tamu (atau asal). Kita bisa mengatakan bahwa x = 1 berarti 1 kaki, atau 1 inci, atau bahkan 1 mil. Tidak masalah selama kita konsisten dengan pengukuran kita. Arah kita ditugaskan untuk x, y, dan z juga tidak penting, selama kita menjaga mereka sama selama diskusi kita. Kita bisa saja dengan mudah mengatakan bahwa z berarti kiri dan kanan bukannya x.
Ruang-waktu menambahkan dimensi ke-4 untuk ide ini.

Apakah  ruang dan waktu?
Dalam fisika dan matematika, ruang-waktu adalah model pemahaman ruang dan waktu dengan cara yang menekankan kualitas geometris dan memandang mereka sebagai bagian dari konsep tunggal yang meliputi beberapa dimensi, termasuk waktu. Konsep ini dikembangkan sebagai sarana menggambarkan ruang dan waktu sebagai konstruksi fisik yang terkait erat satu sama lain. Albert Einstein dan para ilmuwan lainnya mengikuti dia mengembangkan konsep ini.

Konsep kontinum ruang-waktu sebagai model untuk memahami bagian dari alam semesta sejalan dengan teori Albert Einstein tentang relativitas. Menurut Stanford University, teori ini membantu menarik hubungan antara ruang dan waktu dan ilmuwan yang dipimpin untuk memahami bahwa harus ada hubungan antara keduanya. Ruang memakan tiga dimensi, sementara waktu mengambil satu, sehingga ruang-waktu memiliki empat dimensi. Karena para ilmuwan dan ahli fisika tidak percaya bahwa ada lubang atau celah di objek multidimensi ini, itu dianggap sebuah kontinum. Properti lain dari struktur ruang-waktu adalah bahwa hal itu dapat dibagi dan dibagi lagi tanpa batas. Setiap objek atau peristiwa sepanjang sejarah memiliki tempat dan dapat dijelaskan oleh lokasinya di ruang-waktu.

Sumber: Einstein.Stanford.edu

0 komentar:

Posting Komentar