Kamis, 26 Juli 2018

ASPEK GANESHA


Aspek Energi
Banyak dari kita yang percaya pada keberadaan energi di alam kita, dalam bentuk jiwa, pikiran, atau kesadaran. Kita  tahu bahwa kita bukan hanya tubuh tetapi ada aspek energi  di luar kehidupan yang biasa. Alam semesta ini memiliki segalanya dan semuanya diatur oleh hukum alam. Hukum-hukum ini adalah fondasi evolusi manusia dan kita bahkan tidak bisa bergerak selangkah lebih maju tanpa mereka. Aspek ini seperti misalnya  terwujud dalam hukum gravitasi. Tidak peduli kita mengakui hukum ini atau tidak,  tetapi itu tetap berlaku pada kita sepanjang waktu dan mengatur hidup kita di planet Bumi.  Demikian pula, hukum getaran (energi) adalah salah satu hukum alam yang secara unik tertanam dalam tingkat yang berbeda dalam segala hal di sekitar kita. Ini menyatakan bahwa semuanya  memiliki energi; dan energi ini diatur oleh pikiran, kebajikan, sifat dan bahkan kekurangan. Semua energi tumbuh dengan kecepatan mereka sendiri. Beberapa berada pada tingkat yang lebih rendah, beberapa berada pada tingkat sedang dan beberapa berada pada tingkat yang lebih tinggi di jalur evolusi mereka. Hanya untuk pemahaman kita sendiri, kita dapat mengklasifikasikan energi ini dalam enam kategori :
1.              1       Batuan, mineral

2.     Vegetasi, tanaman & pohon
3.     Hewan
4.     Manusia
5.     Roh Biasa
6.     Jiwa yang berevolusi 

2.      


Sekarang dalam enam kategori ini ketika energi dalam bentuk batu, itu statis tetapi ketika tumbuh dan mengambil bentuk vegetasi, itu bisa bergerak sedikit dan dalam bentuk binatang gerakannya menjadi lebih dinamis. Pada manusia, pikiran, emosi, dan kekuatan imajinasi mengatur energi dengan lebih cepat. Setelah mati, roh menjadi begitu aktif sehingga mata manusia bahkan tidak bisa melihatnya.

Aspek Ganesha
Ganapathi dipuja dalam berbagai aspek. Ada sejumlah kuil yang dibangun di seluruh India untuknya, di mana muncul dalam berbagai aspeknya. Wujudnya tergantung pada siapa yang membangunnya  dan untuk tujuan apa. Beberapa bentuk paling populer dan nama masing-masing tercantum di bawah ini.:
1.     Balaganapati: Ganapathi sebagai seorang anak
2.     Tarunaganapathi: Ganapathi sebagai seorang pemuda.
3.   Herambhaganapathi: Genesha dengan lima kepala dan sepuluh tangan dan mata ketiga.
4.     Viravighnesa: Ganapathi dalam wujud ganasnya
5.     Saktiganapathi: Ganapathi di tempat Shaktis-nya, baik Lakshmi dan Sarasvathi atau istrinya Siddhi dan Riddhi.
6.   Achintyaganapathi: Ganapathi dalam aspek mengerikan yang disembah oleh kultus rahasia Tantrikisme dengan cara yang negatif.
7.     Nrittganapathi: Ganapathi dalam mode menari.
8.  Varasiddhi Vinayaka: Ganapathi sebagai pemberi anugerah. Ini adalah bentuk di mana ia biasanya dipuja pada kesempatan Ganesh Chathurthi. Ganapathi adalah pencinta makanan yang baik. Dia suka makanan berminyak dan manis, buah dan kelapa. Menjadi dewa gajah, ia juga menyukai daun dan ranting. Selama Ganesh Chathurth ia disembah dengan 21 jenis daun. Kami telah memberi nama asli tanaman ini: machi, brihati, bilwa, durvayugma, datura, badari, apamarga, tulasi, choota, karavira, vishnukranta, dadimi, devadaru, maruvaka, sindhuvara, jaji, gandaki, sami, asvaththa, arjuna dan arka.





Simbolisme  Ganesha
Ganesha mewakili semua yang aneh dan tidak biasa di dunia di sekitar pusat kemurnian dan keilahian, ia melambangkan persatuan antara yang biasa dan tidak biasa, aspek normal dan abnormal dan indah dan jelek dari kehidupan duniawi. Bentuknya menimbulkan  banyak ilusi yang menghibur  benak kita tentang bentuk dan penampilan dan gagasan bahwa keindahan dan kecerdasan berjalan bersama, di mana sebetulnya kita jarang melihat keduanya dalam proporsi yang sama.

Ganesha digambarkan sebagai penghalang rintangan. Tapi ini hanya simbolis. Sebenarnya Ganesha adalah seorang fasilitator yang membantu kita dalam tindakan baik kita dengan menghalangi kita dalam perbuatan salah kita. Ia menjadi penghambat ketika kita menikmati tindakan yang tidak selaras dengan kodrat ilahi kita atau merusak kemajuan spiritual kita. Sebagai manusia, kita memiliki kesadaran yang terbatas dan kita mungkin tidak selalu mengambil keputusan yang tepat.


Ketika kita berserah  kepada Ganesha dan menyembah-Nya, dia membantu kita dalam tindakan baik kita dan mencegah kita mengejar tujuan yang salah dengan menciptakan rintangan di jalan kita. Karena itu kita diharapkan untuk berserah kepada Ganesha dan mencari bimbingan ilahinya. Makanan yang dia makan bukan hanya makanan. Ini adalah simbol dari keinginan kita yang tak pernah terpuaskan, ketakutan kita dan pengabdian kita. Dengan melahap keinginan kita, cinta kita dan ketakutan kita, dia mengembangkan kualitas dan pengabdian kita.




Tikus yang ia gunakan sebagai kendaraannya bukan sekadar tikus tetapi simbol ketakutan dan kegugupan serta kerendahan hati dan penyerahan diri. Untuk melakukan tindakan apa pun dengan sukses, kita membutuhkan iman dan keyakinan kepada Tuhan. Vinayaka mengusir ketakutan kita, ketika dia turun ke kesadaran kita dan mengendarai pikiran kita. Dia menanamkan dalam diri kita keberanian untuk menghadapi kehidupan. Kepala gajahnya yang besar menunjukkan kecerdasannya yang sangat tinggi dan kekuatan mentalnya yang luar biasa. Ganesha adalah lambang pengetahuan, fasih dalam Veda dan kitab suci lainnya. Dia menuliskan Mahabharata. Taringnya yang patah memberi kita harapan bahwa kita juga dapat mengubah kecenderungan agresif kita dan menyublimasinya menjadi kedamaian dan kecerdasan
(HINDUWEBSITE.com, Jayaram V)
                                                         
Secara umum Dewa Ganesha dikenal dengan   nama  Ganapati atau Bhetara Gana, yang diyakini fungsinya secara umum sebagai dewa ilmu pengetahuan yang banyak patungnya di tempatkan di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi. Selain itu pemahaman konsep Dewa Ganesha dengan nama Bhetara Gana biasanya dipakai dalam pelaksanaan upacara yadnya. Yang sering digambarkan dalam bentuk gambar-gambar atau rerajahan dalam kain atau sarana-sarana upacara lainnya.
Dari pemahaman yang kurang terhadap Dewa Ganesha, sangat perlu adanya pemahaman yang utuh terhadap makna dan fungsi dari Dewa Ganesha, dalam salah satu wujud personal dari Tuhan sebagai bentuk ekspresi  bhakti kita kepada Tuhan (Blognya Dek Onok)
  
Dalam kitab Amarakosha, Ganesha memiliki delapan  nama lain yaitu : 
1.     Vinayaka yang artinya mandiri atau bijaksana, tidak tunduk kepada siapapaun.
2.     Wignaraja (sama dengan Wignesa) yang artinya : raja penghalang.
3.     Dwaimatura yang artinya memiliki dua ibu yaitu Gangga dan Parwati.
4.     Ganadipa (sama dengan Ganapati dan Ganesa) yang artinya penguasa katagori atau jenis, dengan kata lain yang artinya bahwa beliau itu Tuhan.
5.     Ekadanta yang memiliki satu gading.
6.     HerambaLambodara (yang memiliki perut bak periuk, atau, secara harfiah, yang perutnya bergelayutan). 
7.     Gajanana yang bermuka gajah
8.     Wakratunda yang artinya sibadan besar (Krishan hal. 6. ensiklopedia bebas.2013).



Untuk di Bali aspek Ganesha yang menonjol adalah :
Ganesha sebagai  lambang kecerdasan, karenanya  sering dipakai sebagai lambang di bidang ilmu pengetahuan. Misalnya : Universitas Pendidikan Ganesha, Ganesha Operation (Bimbingan Belajar), sebagai simbul Institute Teknologi Bandung,
Sebagai penghalang rintangan, dengan ditempatknnya patung Ganesha di depan pintu masuk rumah.


Ref :
1.     Awakening Love Academy, Speaking Tree, Invoking the many aspects  of Ganesha
2.     Bappaadmin, Lord Ganesha Aspects – Ganapati physical aspects
3.     Boldsky, An insight Into Ganesha’s aspects on Ganesha Chaturthi
4.     Eikowa, The Canvas, Aspects of Ganesha
5.     Ganesha Conciousnes, Awakening Love Academy for Spiritual Science Education
6.     www//ganapatibappa.com, Lord Ganesh Aspects
7.     Yogi Ashwini, Ganesha Conciousness, The spiritual Aspects


0 komentar:

Posting Komentar