DWARAWATI MUNCUL DARI LAUT (1)






Krishana

Bhagawan Byasa / Vyasa adalah orang yang menyusun epos Mahabharata,  itulah yang kita ketahui dan pahami selama  ini.  Tapi apakah naskah kuno itu hanyalah sebuah mitos atau fiksi atau merupakah suatu realitas yang pernah terjadi dimasa lampau ?
Sekarang, kita bisa jumpai  kota  Dwarka / Dwaraka  modern yang terletak di Jamnagar, Distrik Gujarat, yang terletak diujung barat laut pantai India.  Dwarka merupakan salah satu dari tujuh tempat yang paling suci bagi umat Hindu di India,  Dwarka / Dwaraka / Dwarawati kuno  merupakan kerajaan Shri Krishna  yang termuat dalam Mahabharata.  Apakah Dwarawati kuno terletak disekitar / di dekat kota Dwarka modern ?.

Apakah Shri Krishna adalah tokoh sejarah atau tokoh mistis dan apakah perang Mahabharata adalah benar-benar merupakan pertempuran atau hanya merupakan imajinasi Bhagawan Vyasa ?. .
Sejak tahun 1983 Unit  Marine Archeology  dari  National Institute of Oceanography, India,  melaksanakan eksplorasi dan penggalian  pada kota legenda Dwaraka  Ditemukannya puing-puing kota  Dwaraka kuno  bukanlah sekedar untuk menunjukkan  segi arkeologisnya, tetapi secara tidak langsung untuk dapat juga memastikan era  Mahabharata.
Garis besar tata letak kota yang tenggelam yang  diketemukan oleh Unit Arkeologi Kelautan sesuai dengan penjelasan mengenai Dwaraka pada naskah-naskah  kuno, ditunjang dengan  kalkulasi astronomi yang  maju sangat pesat sejak 30 tahun terakhir dengan menggunakan  perangkat lunak komputer dengan ketelitian yang sangat tinggi, yang juga telah  divalidasi terhadap database dari US Naval  Observatory’s Interactive Computer, dan  Jet Propulsion Laboratory di California. (yang salah satu dari perangkat lunak itu adalah  LodeStar Pro dibuat oleh  Wayne C Annala pada  1994). mampu mengecek posisi planet-planet maupun gerhana yang terjadi ribuan tahun  dimasa lampau.
Dalam Epos Mahabharata tercantum telah terjadi gerhana berpasangan  dalam “Tigabelas hari” beberapa waktu sebelum peperangan dan gerhana ini terlihat di Kurukshethra.  Mampukah LodeStar Pro melacak peristiwa ini. Kalau mampu maka kita akan bisa  mengetahui  tanggal  terjadinya Bharata Yudha.
Dengan alat dan teknik modern yang ilmiah, ditunjang dengan kemajuan di bidang arkeologi dan teknik satelit fotografi pengamat bumi dan metode untuk memperkirakan tahun suatu benda dengan thermoluminescence , semuanya bisa dimungkinkan untuk menetapkan keautentikan  suatu  peristiwa yang tercantum  pada naskah kuno seperti  Mahabharata.
Kemudian apakah Mahabharata, Shri Krisna  hanya merupakan mitos, cerita fiksi ataukah memang pernah ada secara riil, anda dapat menyimaknya pada artikel seri  DWARAWATI MUNCUL DARI LAUT. Nantinya andalah yang mesti mengambil kesimpulannya.



Artikel berikutnya :
……….. ketika Sri Krishna memerintah  kota  Mathura, kerajaan ini berkali-kali sekitar 17 kali  diserang oleh  Jarasandha,  raja tirani dari  Magadha (kini  Bihar), …………. Material yang paling mahal dan yang paling baik saat itu digunakan. Merupakan suatu kebiasaan menggunakan batu mulia, emas dan perak  sebagai material bangunan. Dwaraka merupakan kota mawar dan emas. Istana dan beberapa gedung dibangun dengan emas. pada puncak menara. Lantainya dibuat dari batu jamrud / emerald. Batu mulia melapisi tembok dan pada  lengkungan kristal dibagian atas ditatah dengan emas. ………… Bhagawatam Purana menjelaskan : Untuk menyambut kedatangan  Krishna kembali ke kotanya semua jalan, gang disapu dan diperciki  air yang wangi, karangan bunga lotus  digantung disetiap lengkungan, dan pada setiap tangga rumah dupa dibakar  sehingga mengharumkan udara ...........

Compiled By: I Dewa Putu Sedana, Drs, MBA.
Sumber :
(Dicantumkan pada Artikel DWARAWATI MUNCUL DARI LAUT (14)
  1. A Tribute to Hinduism, source: Discourses on Hindu Avataras  – By Annie Wood Besant
Dst

     33. Year of Mahabharata — Full Article Text , Daily Pioneer

BACA JUGA :

Dwarawati Muncul Dari Laut 2
Kehidupan Setelah Kematian 1
Mau Hidup Abadi ??
Babad Dalem Kaleran

loading...

Belum ada Komentar untuk "DWARAWATI MUNCUL DARI LAUT (1)"

Posting Komentar