DWARAWATI MUNCUL DARI LAUT (11)




TAHUN PECAHNYA BHARATA YUDHA

Krishna dikenal sebagai kawan dan penasehat para Pandawa dan arsitek kemenangan Pandawa melawan Kaurawa pada pertempuran dahsyat di Kurukshetra.  Disamping kebesarannya, kehidupan Krishna juga merupakan tragedi. Dia gagal mencegah perang Mahabharata dan gagal melindungi wangsa Yadawa dalam menghancurkan dirinyai
Ketika Widura bertanya kepada Krishna mengapa dia kesusahan dalam menghindarkan terjadinya peperangan, Krishna berkata: “Saya berfikir bukan  pada tempat dan waktuku, tetapi untuk masa depan. Generasi mendatang akan berfikir bahwa saya memperkenankan adanya bencana besar terjadi, tanpa ada usaha untuk mencegahnya. Kegagalan bukanlah sebuah alasan karena kurangnya usaha..”
Inilah pesan utama dari Bhagavad Gita, dihubungkan dengannya.  Krishna sangat yakin bahwa  seseorang haruslah hidup dalam gerak


Bharata Yudha
Foto : Google Image
Bhagawad  Gita sekarang banyak dipelajari ketika  Krishna mulai mengajukan filosofinya yang baru, orang-orang melihatnya sebagai hal yang radikal.
Apakah Shri Krishna adalah tokoh sejarah atau tokoh mistis dan apakah perang Mahabharata adalah benar-benar merupakan pertempuran atau hanya merupakan imajinasi Bhagawan Vyasa. Dengan alat dan teknik modern yang ilmiah seperti computer dengan perangkat lunak planetarium, kemajuan di bidang arkeologi dan teknik satelit fotografi pengamat bumi dan metode untuk memperkirakan tahun suatu benda dengan thermoluminescence , semuanya bisa dimungkinkan untuk menetapkan keautentikan  suatu  peristiwa yang tercantum  pada naskah kuno seperti  Mahabharata. Dari penemuan  arkeologi  dapat ditetapkan tahun-tahun kejadian yang disebutkan dalam epos Mahabharata.  Hal ini menuntun  kepada  kesimpulan bahwa perang Mahabharata terjadi pada 1478 SM dan Kota Dwaraka tenggelam ke dalam lautan pada 1443 SM.

Tahun Pecahnya Bharata Yudha
Mengenai tahun pecahnya Bharata Yudha belum didapat kesatuan pendapat diantara para ahli,  Kisarannya  antara 3500 SM – 1500 SM, karena dengan simulasi perangkat lunak astronomi, tanda-tanda   posisi  planet  yang disebut dalam epos Mahabharata, dapat terjadi disekitar  5000 SM, 3500 SM  dan 1500 SM. Tetapi berdasarkan hasil  penggalian  di laut Dwaraka, dengan mentera benda-benda yang diketemukan, umumnya benda-benda tersebut berumur sekitar 1500 SM, sehingga Bharata Yudha diperkirakan terjadi disekitar tahun 1500 SM.


Kereta Duta Salya
Foto : Google
Berikut ini istilah yang digunakan untuk menunjukkan Tahun  terjadinya suatu peristiwa :
B.C.E. – Before Common Era (menunjukkan sebelum era Kristiani, digunakan oleh orang-orang non Kristen
B.C.J. -  menunjukkan Kalender Julian  . Kalender Julian digunakan setelah  Julius Caesar disarankan oleh astronom Yunani Sosigenes,  yang kemudian memerintahkan mengadopsi dengan menambahkan  45 B.C.E., dan menetapkan penggunaan tahun matahari secara penuh. .  Kalender Caesar  terdiri dari 11 bulan masing-masing  30 atau  31 hari dan satu bulan berumur  28 hari untuk  Februari tanpa adanya tahun kabisat.  Tahun  1582 Pope Gregory XIII memerintahkan mereformasi kalender  yang kemudian dikenal dengan kalender Gregorian .  Kalender ini dipakai di Eropa dikebanyakan Negara barat dan dibeberapa bagian Asia
Dari empat Yuga –  Krita Yuga,  Treta Yuga,  Dvarpara Yuga dan  Kali Yuga, dipercaya bahwa pada berakhirnya setiap Yuga, suatu bencana yang dikenal dengan pralaya menelan dunia baik karena kebakaran atau kebanjiran, untuk membangun jaman baru  dari reruntuhan sebelumnya.
Tiba-tiba tahun terjadinya Bharata Yudha  menjadi sebuah tantangan dan kontroversi dalam satu dua abad ini. Ahli-ahli Eropa menyatakan bahwa kejadian yang disebutkan dalam naskah kuno Sanskrit hanyalah sebuah imajinasi dan karena itu  Mahabharata dinyatakan sebagai  pertempuran fiktif.  Epos Sanskrit kemudian secara akademis memukul usaha yang menyatakan hal itu tidak terbukti. Seperti Maxmuller, mencoba menafsirkan bahwa kejadian astronomi yang tercantum pada naskah kuno Hindu  adalah sebuah imajinasi .
Sebaliknya  banyak ahli  Bharatiya menyatakan bahwa kejadian Bharata Yudha  adalah benar. Secara Astronomi dan petunjuk-petunjuk dari naskah  kuno, , Purana dan Weda  telah menguraikan dengan sangat mendalam mengenai tahun Bharata Yudha. Ahli matematik,  abad ke lima Aryabhatta, menghitung tahun terjadinya  Bharata Yudha disekitar  tahun 3100 SM.
Beribu-ribu tahun kita percaya akan kesucian Shri Krishna. Bagi kita beliau adalah seorang Karmayogi yang luar biasa yang memberikan kepada kita orientasi filosofi kehidupanpar  dalam bentuk Bhagavad Gita. Tetapi pertanyaan selalu muncul apakah  Krishna adalah tokoh sejarah atau tokoh mitologi dan apakan  Bharata  Yudha adalah peperangan yang benar-benar.
Sampai baru-baru ini kita menemukan kebenaran itu. Dengan peralatan dan teknik modern  seperti dengan  menggunakan komputer dan perangkat lunak planetarium, serta kemajuan di bidang arkeologi dan teknik arkeologi kelautan, foto satelit pengindraan bumi dan metoda  thermo-luminescence untuk menentukan umur sebuah benda  semuanya memungkinkan untuk menentukan keaslian dan tahun pembuatan dari benda tersebut; serta menentukan tahun berapa kejadian  yang termuat pada naskah kuno seperti  Mahabharata Semuanya menuntun kepada kesimpulan  bahwa Bharata Yudha  terjadi tahun 1478 SM dan Dwaraka tenggelam ke dasar laut pada tahun 1443 SM.



Artikel berikutnya :
Perangkat lunak komputer dengan ketelitian yang sangat tinggi telah dibuat . Perangkat  lunak ini divalidasi terhadap database dari US Naval  Observatory’s Interactive Computer, dan  Jet Propulsion Laboratory di California.  Salah satu dari perangkat lunak itu adalah  LodeStar Pro dibuat oleh  Wayne C Annala pada  1994 …………………………. Referensi mengenai gerhana matahari yang pertama terdapat pada Sabha Parva (79.29), ……. *****) Drona Parva juga  menyebutkan mengenai kematian  Jayadhratha ketika gerhana  pada hari ke 13 setelah mulainya perang …………


Sumber :
(Dicantumkan pada Artikel ke 14, GERHANA BERPASANGAN)
Dst
33 Year of Mahabharata — Full Article Text , Daily Pioneer
 Compiled By: I Dewa Putu Sedana, Drs, MBA

ARTIKEL TERKAIT :


Dwarawati Muncul Dari Laut  12
Babad Dalem Kaleran
Intisari Agama Hindu 1
Fisika Quantum, Menembus Ruang dan Waktu 1
loading...

Belum ada Komentar untuk "DWARAWATI MUNCUL DARI LAUT (11)"

Posting Komentar