ZOROASTRIANISME, Mayat Penganutnya Digeletakkan di Menara (4)





Ajaran-Ajaran dan Keyakinan
Dasar ajaran dari Zarathustra adalah monotheisme, yaitu menyembah hanya satu Tuhan, Ahura Mazda. Sedangkan Angra Mainyu, yang merupakan Sang Kegelapan dan lawan dari Ahura Mazda, adalah pengingkaran Tuhan. Ajaran Zarathustra juga membenarkan adanya makhluk-makhluk suci yang bersifat pengasih yang membantu perjuangannya. Akan tetapi setelah Zarathustra meninggal, kepercayaan kepada makhluk-makhluk suci tersebut diubah menjadi konsepsi kedewataan yang dihubungkan dengan penciptaan alam. Segala bentuk ajarannya dituangkan dalam  kitab yang disebut Gathas dan Avesta.Credo (syahadat) di dalam agama Zarathustra itu berbunyi : “Saya mengaku diriku penyembah Mazda, dan pengikut Zarathustra, yang membenci Daevas, dan mentaati Hukum Ahura”. 

Keyakinan Zoroastrian : 
  1. Mempercayai ada dua mahluk di alam semesta. Satunya  Ahura Mazda,yang menciptakan manusia dan semuanya yang baik, indah dan benar, yang lainnya, Angra Mainyu, yang  jahat, penghancur.
  2. Mempercayai bahwa setiap orang bebas untuk berhubungan dengan yang baik atau yang jahat, dan bila orang-orang harmonis dengan Ahura Mazda, maka Angra Mainyu akan bisa ditaklukkan.
  3. Mempercayai bahwa jiwa itu abadi, dan setelah kematian akan menyeberang diatas neraka melewati  jembatan sempit. Yang baik akan sampai ke sorga sedangkan yang jahat akan jatuh ke neraka
  4. Mempercayai bahwa juru selamat yang bernama Sayoshant akan muncul pada akhir masa yang terlahir dari seorang gadis, mengadili yang meninggal dengan memberikan hadiah bagi yang baik dan menghukum yang jahat, dan setelah itu Ahura Mazda akan memimpin
  5. Mempercayai bahwa Zoroaster, juga dikenal dengan Zarathustra, adalah Nabi yang terakhir.
  6. Mempercayai otoritas dari buku suci Zend Avesta.
  7. Mempercayai bahwa kesucian merupakan gambaran yang pertama,  kebenaran yang kedua dan kedermawanan yang terakhir. Karena itu orang-orang harus mendisiplinkan dirinya  dengan berfikir, berkata dan berbuat yang baik.
  8. Mempercayai bahwa pernikahan melampaui batas penguasaan diri, perbuatan melampaui perenungan, dan memaafkan melampaui pembalasan dendam.
  9. Mempercayai Tuhan sebagai tujuh personalitas sinar abadi; Kebenaran  dan keadilan, Kebaikan dan Kasih sayang; Keteguhan  Spiritual; Kesalehan dan kejujuran; Kesehatan dan Kesempurnaan; dan keabadian.  Dialah yang baik dipuja sebagai representasi dari api.



 Ahura Mazda
 Artikel selanjutnya :
Meskipun dasar ajaran dari Zarathustra adalah monotheisme, yaitu menyembah hanya satu Tuhan, Ahura Mazda, tetapi Agama ini mengajarkan bahwa Tuhan itu ada dua, yaitu: Tuhan Terang yang diberi nama Ormuz dan Tuhan Gelap yang dinamakan Ahriman. ……… bahwa hanya Ahura Mazda yang harus disembah di tengah konteks kepercayaan tradisional masyarakat Iran yang kuat dengan pengaruh politeisme. ……..

Compiled By: I Dewa Putu Sedana, Drs, MBA.
(Dari Berbagai Sumber)
loading...

Belum ada Komentar untuk "ZOROASTRIANISME, Mayat Penganutnya Digeletakkan di Menara (4)"

Posting Komentar