ISTILAH SPIRITUAL DASAR



Apapun kegiatan yang akan kita lakukan, akan lebih mudah berhasil, bila dilandasi dengan pengetahuan mengenai bidang tersebut, dilengkapi dengan keterampilan dan sikap mental positif. Demikian jugalah halnya bagi anda yang  akan menekuni bidang spiritual ada baiknya mengenal beberapa istilah dan pengertiannya (yang akan diuraikan dalam artikel-artikel tersendiri)  yang erat kaitannya dengan bidang spiritual.




Istilah-istilah  yang terkait dengan bidang spiritual  antara lain :



  1. Anatomi Tubuh  Manusia : . Sistem Kerangka,  Sistem Otot,  Sistem Peredaran darah, . Sistem pernapasan, Sistem Indera,  Sistem Pencernaan, Sistem Urinaria, Sistem Reproduksi, Sistem Syaraf, Sistem Endokrin, 
  2. Tubuh dan Warna : Tubuh dan perspektif warna, Hubungan warna dan tubuh, Keunikan organ reflektif, Keluhan dalam satu level warna. 
  3. Lapisan Kesadaran Manusia : Annamaya Kosha (Lapisan Fisik), Pranamaya Kosha (Lapisan energi), Manomaya kosha (Lapisan Mental),  Vijnamaya Kosha (Lapisan intelek), Anandamaya Kosha (Lapisan Kebahagiaan). 
  4. Otak Manusia : Otak Besar (Otak Kiri, Otak Kanan), Otak Tengah, Otak Belakang, Otak Kecil. 
  5. Gelombang Otak :  Gamma, Beta, Sensori Motor Rhytm, Alpha, Theta, Delta, Schumann Resonance. 
  6.  Otak tengah : Fungsi otak kanan dan kiri, Aktivasi otak tengah, Manfaat aktivasi otak tengah. 
  7. Kekuatan Pikiran : Cara Pikiran Bekerja, Memori otak Manusia, Interaksi Pikiran, Memrogram  Pikiran. 
  8.  Karma : Karma bukanlah hukuman tetapi merupakan kelanjutan sebagai akibat dari perbuatan secara alami.  Sanchita karma, Prarabdha karma. Kriyamana karma 
  9. Reinkarnasi : Reinkarnasi adalah gagasan bahwa kita hidup melalui banyak kehidupan di bumi dan pengalaman kita hari ini adalah hasil dari apa yang telah kita perbuat di kehidupan sebelumnya. Sains berpendapat, bahwa evolusi kita adalah karena genetik, dari orangtua ke anak ke cucu. 
  10.  Roh : Roh, Jiwa dan tubuh. Roh dan mimpi., Roh gentayangan, Belahan jiwa, Jiwa setelah kematian. 
  11.  Evolusi Kesadaran dan Roh : Lima tingkatan kesadaran yang berbeda: yaitu  Avrta Cetana  (Tertutup), Sankucita Cetana  (Mengkerut), Mukulita Cetana  (Kuncup), Vikacita Cetana  (Mekar), Purna Vikacita Cetana (Mekar Sepenuhnya). Tingkatan roh : Roh Bayi, Roh anak-anak, Roh muda, Roh matang, Roh tua. 
  12.   Energi Spiritual : Apakah energy itu dapat dirasakan ?, Apakah energy itu dapat dilihat ?,   Energy kesadaran anda bisa membuat hidup anda lebih baik dari sebelumnya. 
  13.  Cakra : Tujuh cakra utama (Cakra mahkota, Cakra Ajna)Cakra Tenggorokan, Cakra Jantung, Cakra Solar Plexus, Cakra Sex, Cakra Dasar), Cakra Minor, Nadi, Sushumna, Ida, Pingala 
  14.  Aura : Aura luar, Aura kesehatan, Aura Dalam, Foto Kirlian, Makna warna Aura 
  15.  Kundalini : Kundalini merupakan kekuatan suci yang sangat luar biasa yang ada pada diri manusia. Membangkitkan kundalini,  Tanda-tanda kebangkitan Kundalini, Sindrom Kundalini, Kundalini Yoga, Tantra kundalini, Kundalini untuk penyembuhan. 
  16.  Pikiran Bawah Sadar :  Fungsi pikiran sadar. Pikiran Bawah sadar sebagai penyimpan informasi,  Kemampuan pikiran bawah sadar, Menembus pikiran bawah sadar, Memperkuat pikiran bawah sadar. Mempertajam kemampuan fikiran.
  17. Regresi Kehidupan Masa Lalu : Dapat tergali karena proses reinkarnasi, memori orang lain karena pikiran adalah energi yang tidak pernah musnah, kesadaran universal, Memori generic, Halusinasi, Regresi kehidupan masa lalu untuk terapi, Untuk rekreasi mental, Kunci keberhasilan pelaksanaan regresi. 
  18.  Inisiasi : Fungsi inisiasi, Manfaat inisiasi, Proses inisiaasi, Inisiasi untuk menjaga kesehatan. 
  19. Afirmasi : Kekuatan dari Afirmasi, Tindakan Penciptaan, Kekuatan Ucapan, Bagaimana Membuat Afirmasi, Menulis Afirmasi, Visualisasi dan Afirmasi, Afirmasi dan logika Berfikir, Afirmasi Dalam Meditasi, Self Reprogramming Lewat Afirmasi, Kesalahan Umum Dalam Membuat Afirmasi. 
  20.  Hipnosis : Suatu kondisi di mana perhatian menjadi sangat terpusat,  Fenomena Alami dan Normal. Mekanisme  Pikiran Manusia, Manfaat hipnosis : Hypno Therapy, Hipnosis untuk pengobatan, Hipnosis untuk pertunjukan, Hipnosis untuk forensik, Hipnosis untuk fenomena metafisika, Membaca pikiran,  Mengendalikan pikiran diri sendiri, Mengendalikan pikiran orang lain. 
  21. Hypno Therapy : Hipnoterapi tradisional, Analisis hipno, Hipnoterapi Ericksonian, Hipnoterapi prilaku, Kegunaan hipnoterapi, Teknik hipnoterapi 
  22.  Mata Ketiga : Letak dan bentuk mata ketiga, Fungsi mata ketiga, Bagian-bagian mata ketiga, Cara membuka mata ketiga, Faktor yang mempengaruhi/menghambat terbukanya mata ketiga, Cara untuk membersihkan hambatan tersebut, 
  23. Indra keenam : , Fungsi indra keenam, Intuisi dan menggembangkan intuisi, Emosi dan intuisi, Mempertajam intuisi, Mengaktifkan indra keenam, 
  24. Telepati : Konsep telepati, Manfaat telepati, Belajar Telepati, Melatih konsentrasi, Teknik Telepati, Melakukan sugesti, Bagaimana melaksanakannya,
  25. Perjalanan Astral : Dimensi dalam kehidupan, Perjalanan astral & fisika quantum, Cara melakukan perjalanan astral, Penghalang perjalanan astral, Teknik simulasi otak, Efek samping dari perjalanan astral, 
  26. Pernafasan : Sistem pernafasan manusia, Ilmu Pernafasan, Mekanisme pernafasan, Energi alam, Tenaga metafisika (aura), Inti latihan pernafasan, Teknis pernafasan perut, Pernafasan dada, Pernafasan pundak, Pernafasan gabungan, Pernafasan dalam yang panjang, Pernafasan agni (agni-prasana), Pernafasan diaphragma,  Pranayama (p┼źraka, recaka, kumbhaka).   
  27. Yoga : Tujuan yoga, Manfaat yoga, Yoga untuk kesehatan, Yoga dan olahraga, Ashtanga yoga : Yama, ( Ahimsa, Satya, Asteya, Brahmacharya, Aparigraha), Nimaya,( Svadhyaya, Tapa, Santosha. Saucha, Ishvara), Asana, Pranayama, Pratyahan, Dhara, . Dhyana, Samadhi. Bahaya yoga, Hatha yoga, Bhakti yoga, Karma yoga, Jnana yoga, Raja yoga ,. 
  28.  Meditasi : Teknik dasar meditasi, Teknik Vipassana, Meditaasi dan Disiplin diri, Ritus, Ritual Agama dan Teknik-Teknik Meditasi lain, Tips bermeditasi.
 
Untuk mendapatkan gambaran mengenai istilah-istilah diatas, anda dapat mengikuti di artikel berikutnya. Semoga  bisa menambah atau menyegarkan kembali pengetahuan anda.

loading...

Belum ada Komentar untuk "ISTILAH SPIRITUAL DASAR"

Posting Komentar