TUBUH MANUSIA DAN LATIHAN SPIRITUAL



Memahami posisi organ tubuh sangatlah penting bagi anda yang akan mengikuti latihan spiritual, karena pada latihan-latihan tertentu, sering latihan  terarah pada organ yang spesifik yang perlu ditunjuk secara benar. Berikut ini diberikan penjelasan singkat mengenai beberapa organ tubuh manusia (yang terkait dengan latihan spiritual).






Anatomi Tubuh Manusia disusun kedalam beberapa bagian sistem tubuh,(dijelaskan yang terkait dengan latihan spiritual saja),  yaitu:


1. Sistem Kerangka


2. Sistem Otot



3. Sistem Peredaran darah

Jantung, berbentuk runjung yang terbalik. Letak jantung dalam tubuh sedemikian rupa sehingga ujung runjung tersebut (ujung jantung) mengarah ke bawah, ke depan dan ke kiri. Basis jantung mengarah ke atas, ke belakang dan sedikit ke kanan. Pada basis jantung inilah berhimpun aorta, batang nadi paru-paru, batang pembuluh balik atas dan bawah beserta ke dua (atau empat pembuluh balik paru-paru).


4. Sistem pernapasan

Organ yang digunakan untuk  bernafas, adalah paru-paru





Paru – paru, merupakan  alat tubuh yang sebagian besar terdiri dari gelembung (gelembung hawa/alveoli). Gelembung-gelembung hawa terdiri dari sel-sel epitel dan endotel. Banyaknya gelembung paru-paru kurang lebih 700.000.000 buah (paru-paru kanan dan kiri). Paru-paru terletak pada rongga dada. Pada rongga dada tengah terletak paru-paru sedangkan pada rongga dada depan terletak jantung.

Paru-paru terdiri dari dua bagian yaitu paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Paru-paru kanan terbagi atas tiga belah paru (lobus) yaitu belah paru atas, belah paru tengah dan belah paru bawah. Paru-paru kiri terbagi atas dua belah paru yaitu belah paru atas dan belah paru bawah.


5. Sistem Indera


Alat Penglihatan, terdiri atas bola mata, saraf penglihatan, dan alat-alat tambahan mata.
Bola mata dapat dibedakan dinding dan isinya. Dindingnya terdiri atas tiga lapis. Lapis luar adalah selaput keras, yang di depan beralih menjadi selaput bening. Lapis tengah dinamakan selaput koroid yang melapisi selaput keras dari dalam. Ke depan selaput koroid tidak mengikuti selaput bening. Di tempat peralihan selaput koroid dan selaput pelangi  terdapat bentuk yang lebih tebal dan dikenal sebagai badan siliar. Di tengah selaput pelangi ada lubang yang disebut manik mata.



Alat Pendengaran,  terdiri atas pendengar luar, pendengar tengah dan pendengar dalam. Pendengar  luar  terdiri  atas  daun  telinga  dan  liang  telinga  luar.  Daun telinga  adalah  sebuah  lipatan  kulit  yang  berupa  rangka  rawan kuping kenyal.  Bagian luar liang telinga luar berdinding rawan, bagian dalamnya mempunyai  dinding tulang.  Ke sebelah dalam liang telinga luar  dibatasi oleh selaput gendangan terhadap rongga gendangan.



Kulit,  terbagi atas kulit ari dan kulit jangat. Kulit ari terdiri atas beberapa lapis, yang teratas adalah lapis tanduk yang terdiri atas sel-sel gepeng,  sedangkan lapis  terdalam disebut lapis benih yang senantiasa membuat sel-sel epitel baru. . Di dalamnya terdapat kapiler darah dan limfe serta ujung-ujung saraf dengan badan-badan perasa.


6. Sistem Pencernaan


Rongga mulut,  mulai dari celah mulut dan berakhir di belakang pada  lubang tekak. Oleh karena lengkung gigi, rongga mulut dibagi dua bagian  yaitu beranda yang terletak di luar lengkung gigi dan rongga mulut yang terdapat di belakangnya


Geligi,  terdiri atas dua baris gigi tertutup. Setiap baris gigi merupakan suatu garis melengkung yang pada rahang atas agak lain  bentuknya  daripada rahang bawah. 


Lambung,  adalah bagian saluran pencernaan makanan  yang melebar seperti kantong, terletak di bagian atas rongga perut sebelah kiri, dan untuk sebagian tertutup oleh alat-alat yang letaknya berdekatan seperti hati, usus besar dan limpa 


7. Sistem Urinaria


Ginjal, l adalah suatu kelenjar berbentuk  seperti kacang yang terletak pada dinding belakang rongga perut setinggi ruas-ruas tulang belakang sebelah atas, ginjal kiri letaknya lebih tinggi daripada ginjal kanan.  Sisi ginjal yang menghadap  ke dalam  berbentuk  cekung.  Di sini masuk  nadi ginjal  (dari aorta) ke dalam ginjal


Kandung kemih,  merupakan tempat berkumpulnya semua air kemih yang terpancar dari saluran ginjal. Dinding kandung kemih yang terdiri atas jaringan  otot polos  dapat   menyesuaikan  diri  terhadap   banyaknya  air kemih di dalam kandung kemih


8. Sistem Reproduksi


Alat reproduksi laki-laki,  dibagi atas bagian pembuat mani dan bagian penyalur mani. Bagian pertama berupa kelenjar kelamin, yaitu buah zakar yang membentuk  sel-sel mani. Buah zakar kanan dan kiri  tergantung di dalam sebuah lipatan kulit yang berbentuk kantong dan terletak di bawah tulang kemaluan  yang  dinamakan  kandung buah zakar (skrotum). Pada sisi belakang setiap buah zakar terdapat anak buah zakar yang tergolong sebagai jalan penyalur.





Alat reproduksi  perempuan,   terdiri  atas  indung telur,  tabung rahim, rahim, liang senggama dan alat-alat kelamin luar. Indung telur berjumlah dua, terletak pada dinding sisi panggul kecil di sebelah kanan dan di sebelah kiri.









9. Sistem Syaraf


Otak, sistem saraf pusat berkembang dari suatu struktur yang berbentuk bumbung. Organ-organ otak mayor terdapat pada istana kristal – hypothalamus, amygdala, kelenjar pineal, dan pituitary terdapat di antaranya.


Sumsum Belakang,  menyerupai batang kelubi yang penampangnya jorong. Letaknya dalam terusan tulang belakang antara rongga tengkorak dan daerah pinggang. Penampangnya dari atas ke bawah semakin kecil, kecuali pada dua tempat, yaitu di daerah leher dan di daerah pinggang.



10. Sistem Endokrin :  







Kelenjar endokrin,  merupakan struktur halus yang  menghasilkan hormon dan “neutrotransmitter” yang mengatur banyak fungsi tubuh dan yang membuatnya unik karena menggunakan aliran darah daripada saluran tubuh (duct) untuk mengalirkan hormonnya. Kelenjar endokrin sangat khusus karena hormon yang dihasilkan mengalir melalui aliran darah ke organ-organ dan kelenjar-kelenjar tujuan daripada melalui aliran lain. Hormon tersebut, bersama dengan neutrotransmitter, mengatur fungsi seluruh tubuh.  Hormon endokrin adalah insulin, yang mengatur gula darah  komunikasi dalam tubuh dengan hormon

Kelenjar Himofise,   adalah suatu  kelenjar endokrin  yang terletak di dasar tengkorak, di dalam fosa hipofise tulang spenoid. Kelenjar himofise memegang peranan penting dalam sekresi hormon dari semua organ-organ endokrin karena hormon-hormon yang  dihasilkannya dapat mempengaruhi aktifitas kelenjar lainnya.


Kelenjar Tiroid (thymus),  terdiri atas 2 belah yang terletak di sebelah kanan batang tenggorok diikat bersama  oleh  jaringan tiroid dan yang melintasi  batang tenggorok di sebelah depan. Kelenjar tiroid merupakan kelenjar  yang  terdapat  di dalam  leher bagian depan bawah, melekat pada dinding pangkal tenggorok.


Kelenjar Pineal,
sering memiliki hubungan utama dengan mata ketiga. Jumlah dan intensitas cahaya masuk melalui titik antara dua alis, mempengaruhi kelenjar pineal, kelenjar pineal menentukan waktu internal, menentukan berapa banyak dan hormon yang mana yang akan keluar dan kapan.



Sumber :

  • Wikipedia bahasa Indonesia, Ensiklopedia bebas
  • ASALASAH
  • Tubuh dan Warna, Dr. Ariffaizal Bin Mohd Nor Ariffin



loading...

1 Komentar untuk "TUBUH MANUSIA DAN LATIHAN SPIRITUAL"

  1. Artikel2...sangat bermanfaat, yg gue paling suka baca sampai berkali - kali biar ngerti itu tentang pikiran bawah sadar dn fisika kuantum,spiritual ,dll.
    Bang buat artikel tentang NLP & LOA...thks maju terus...

    BalasHapus