KEKUATAN PIKIRAN DAN MEDITASI (6)





Kaidah Dalam Pemrograman Pikiran Bawah Sadar.
Dalam pemrograman alam bawah sadar,ada beberapa kaidah yang mesti dipatuhi dalam melakukannya, yaitu :
1.     Menggunakan kalimat yang pendek dan jelas maksudnya.
2.     Diucapkan dengan kalimat yang positif,misalnya, ”saya berani,”  Banyak orang tidak menyadari dan mereka sering berfikir atau mengucapkan kata-kata seperti : “Inilah yang menyebabkan saya sakit”, ‘”Pekerjaan ini membunuh saya,’ ,  ‘Saya merasa sakit di tengkuk saya”., “‘Inilah yang mendorong saya menjadi malas” , ‘Saya tidak dapat mengerjakan itu”.  Kata-kata ini merupakan afirmasi, seperti halnya dengan kata-kata yang lainnya.  Tidak ragu lagi orang itu akan menderita sakit, mati muda di pekerjaan yang dia benci, menderita sakit kepala;  menjadi stres, dan gagal dalam hidupnya.
3.     Dirumuskan dalam masa sekarang, meskipun bilamana kelihatannya tidak realistik. Misalnya : “Sekarang saya berkecukupan  dalam hidup saya”. Seberapa cepat keadaan itu datang  tergantung seberapa kuat afirmasi anda.
4.     Diyakini bahwa apa yang dikehendaki itu pasti terlaksana.
5.     Kalimat  itu di ulang-ulang,untuk memberi waktu agar pernyataan  tersebut meresap dan terekam kealam bawah sadar. Melakukan program alam bawah sadar ini dilakukan terus menerus, sedikitnya tiga kali sehari, masing-masing selama 20 menit sampai realitas yang kita harapkan tersebut terwujud menjadi kenyataan.
6.     Tambahkan emosi atau perasaan yang menyenangkan. Agar pemrograman bawah sadar dapat lebih efektif, diperlukan emosi atau perasaan yang positif atau perasaan yang menyenangkan.  Ciptakan sebuah rasa bahagia seolah-olah apa yang kita inginkan sudah tercapai.
7.     Selain relaksasi, afirmasi dan visualisasi,  hal yang tak kalah penting dalam melakukan pemprograman  bawah sadar adalah keyakinan.




Teknik lain untuk melatih pikiran bawah sadar adalah memaafkan.  Jengkel bahkan sampai mengutuk orang lain apalagi memusuhinya bisa menimbulkan berbagai penyakit. Teknik memaafkan dapat dilakukan sebagai berikut :
1.     Tenangkan pikiran, bersikap santai, dan biarkan semua terjadi.
2.     Ucapkan dalam hati : ”Saya maafkan semua orang yang pernah menyakiti hati saya, dan saya berdoa agar semua orang mendapatkan  kesehatan, kebahagiaan, kedamaian, dan segala berkah hidup.”


Langkah-langkah untuk memrogram alam bawah sadar,
Dilakukan selama 20 menit dengan cara :
1.     Duduk atau berbaring dengan nyaman dan santai. Kondisikan  tubuh agar  benar-benar santai, tanpa ada rasa emosi yang menyedihkan, marah atau terburu-buru. Ini disebut dalam keadaan Alpha. Bila perlu dilakukan menjelang tidur, karena keadaan malam hari lebih hening dibandingkan siang hari yang penuh dengan kesibukan.
2.     Pejamkan mata. Kalau perlu diiringin musik yang lembut yang membuat anda sangat santai dan semua beban anda terlepas.
3.     Tarik napas panjang dan dalam. Rasakan udara dingin memasuki  seluruh tubuh.
4.     Secara perlahan anda masuk ke kondisi gelombang otak alpha. Nikmati keadaan ini beberapa saat.
5.     Ucapkan dalam hati afirmasi yang sudah anda buat, Misalnya : Sekarang saya sehat dan kuat.”
6.     Visualisasikan keadaan atau tujuan yang anda harapkan tersebut kedalam layar mental anda. Bayangkan anda sudah sehat dan melakukan berbagai aktifitas. Gambarkan dengan jelas sehingga anda benar-benar dapat melihat diri anda sendiri dalam pikiran anda. Sambil membayangkannya, tambahkan suasana hati atau perasaan positif yang anda miliki ketika tujuan itu tercapai. Hati anda di penuhi rasa senang, bahagia,dan syukur. Bayangkan impiam anda sudah terjadi. Anda ingin menjadi usahawan anda ingin menjadi artis terkenal bayangkanlah hal  itu sudah terjadi. Bila anda menginginkan sesuatu pikiran bawah sadar akan menggambarkan apa yang anda ingikan. Dengan membayangkan seolah-olah sudah terjadi maka akan menggerakan jiwa raga untuk mewujudkannya.
7.     Ambil napas panjang dan dalam, nikmati perasaan itu. Nikmati gambaran visual dan perasaan hati yang menyertai suasana tersebut.
8.     Setelah itu hitunglah secara perlahan dari 5,4,3,2,1 sambil menarik napas yang panjang dan dalam pada saat hitungan 1, ,bukalah mata anda. Jika proses itu terjadi kurang dari 20 menit.ulangi beberapa kali lagi sampai mencapai sekitar 20 menit. Lakukan terus secara tekun. Perlu diingat,semuanya memerlukan proses dan waktu yang cukup untuk tumbuh dan terwujud menjadi realitas baru yang kita harapkan.

Melalui kata-kata yang didasari dari pemikiran kita, maka pikiran secara terus menerus memberikan instruksi kepada badan kita. Dengan sedikit pengamatan, kita akan menyadari proses ini. Seperti yang kita lihat segala sesuatu yang diciptakan berupa benda, pada mulanya hanyalah merupakan dorongan  spiritual, kemudian menjadi pemikiran kemudian menjadi perasaan. Sebelum anda membangan rumah tentu  ada rancangan sebelumnya berupa sebuah ide design dalam pikiran . sedangkan kata-kata mrerupakan  ide kreatif yang diucapkan.  Keinginan dan impian kita adalah informasi penting bagi pikiran bawah sadar kita. Sebab keinginan, hasrat dan impian yang terrekam kuat dalam pikiran bawah sadar akan menjadi daya dorong yang akan menggerakkan kita untuk mewujudkan impian kita.


Mengakses, membangkitkan dan memanfaatkan kekuatan pikiran  bawah sadar.


Dengan cara sebagai berikut:
1.     Duduk, punggung tegak lurus
2.     Lakukan latihan pernafasan segitiga, yaitu tutup mata, tarik nafas pelan-pelan dari hidung 9 hitungan; tahan nafas diperut 9 hitungan; lepaskan nafas pelan-pelan 9 hitungan, Lakukan siklus tersebut berulang-ulang bertahap dan berlanjut mulai dari 3 menit nonstop, 6 menit, 9 menit dst, semampunya.
3.     Lakukan latihan kontemplasi/meditasi ditempat yang sepi, dengan posisi telentang diatas tempat tidur, semua pakaian dilonggarkan,.
4.     Kosentrasikan panca indera kepada bunyi dan getaran detak jantung  dan seluruh pembuluh darah balik. Kalau sudah terasa, konsentrasikan kepada desiran jalan darah dari jantung keseluruh tubuh. Kalau sudah terasa, lakukan relaksasi beberapa menit sekuatnya. Lakukan latihan ini sekitar 30-60 menit sekali latihan. Lakukan minimal seminggu sekali.
5.     Kalau proses diatas sudah lancar, mulai melakukan uji coba mengakses adi sadar kita dengan memberikan sugesti atau perintah kepada adi sadar kita pada saat menjelang tidur, dengan melakukan kontemplasi seperti diatas, perintahkan kepada adi sadar agar kita dibangunkan pada jam 3 malam, pada saat kita tertidur lelap. Kalau proses latihan kontemplasi anda sudah baik dan benar, maka pasti anda akan terbangun tengah malam sesuai pesan anda.
6.     Setelah melakukan uji coba seperti itu berulang kali, mulailah memerintahkan adi sadar untuk membangkitkan kemampuan gerak rasa. Yaitu  anggota tubuh dan panca indera anda, dengan kekuatan bawah sadar, bukan perintah otak kiri dan kanan. Mulai dengan memerintahkan tangan anda bergerak sendiri, bergetar, memijit dll. Bila sudah lancar, mulai perintahkan mengobati sakit anda sendiri, misalnya tangan disuruh memijit kepala anda yang pusing atau tubuh yang pegal. Kalau sudah lancar, anda akan merasa aneh bahwa tangan anda bisa begerak sendiri mengobati penyakit anda, padahal anda tidak pernah belajar memijit.

SUMBER  (dicantumkan pada artikel KEKUATAN PIKIRAN DAN MEDITASI terakhir).

loading...

Belum ada Komentar untuk "KEKUATAN PIKIRAN DAN MEDITASI (6)"

Posting Komentar