KEKUATAN PIKIRAN DAN MEDITASI (8)




Afirmasi Dalam Meditasi
Cara kuat yang lain untuk melakukan afirmasi adalah pada saat pikiran dan tubuh, yang sering disebut dalam keadaan meditasi., dengan langkah-lankah sbb :

1.     Duduklah dengan nyaman
2.     Ambillah nafas pembersihan yang dalam  beberapa kali –  usahakan mengambil nafas panjang dalam beberapa menit. Nafas dalam adalah salah satu hal yang terbaik  yang bisa kita perbuat  untuk pikiran, tubuh dan jiwa kita.
3.     Tutup mata, tarik nafas yang dalam  ‘Badanmu sekarang menjadi santai. Tariklah nafas yang dalam lagi . Pikiranmu sekarang santai.’ Ambil nafas dalam sekali lagi “‘Anda sekarang membiarkan segalanya berlalu.’.
4.     Pilih afirmasi yang mana saja – instruksi apapun yang  ingin diberikan kepada badan dan pikiran atau  apapun yang ingin diciptakan. Afirmasi, bila dilakukan dengan bersemangat akan  meningkatkan afirmasi tersebut,  – semakin dalam  perasaan, semakin cepat kenyataan akan diperoleh
5.     Terakhir, tarik nafas dalam pada akhir dari afirmasi. Kemudian kembali kepada kesadaran anda yang santai dan segar.


                

Visualisasi dan Afirmasi
Afirmasi dan Visualisasi sebenarnya adalah ide-ide yang bersifat sugestif, maksudnya apabila ide ini berhasil masuk ke pikiran bawah sadar, pikiran bawah sadar akan memberikan respon yang sesuai.

Ada 4 syarat agar Afirmasi dan Visualisasi  bisa be
kerja dan terintegrasi dengan sistem kepercayaan  yang ada,  yaitu:
1.     Afirmasi dan Visualisasi  harus masuk ke dalam Pikiran bawah sadar
2.     Afirmasi dan Visualisasi harus diterima pikiran bawah sadar (tidak ada penolakan dari sistem kepercayaan).
3.     Afirmasi dan Visualisasi harus dimengerti pikiran bawah sadar.
4.     Afirmasi dan Visualisasi harus diintegrasikan kedalam sistem kepercayaan  yang ada

Visualisasi
Bila kita menginginkan sesuatu, maka pikiran bawah sadar akan menggambarkan apa yang didambakan itu. Dengan cara memvisualisasikan impian terlebih dahulu, tercipta banyak sekali karya-karya spektakuler di dunia ini. Marcus Aurelius Antonius, seorang kaisar Romawi jaman dahulu mengatakan, “A man’s life is what his thought make of it (“Kehidupan manusia ialah bagaimana mereka memikirkannya”). Sesuatu yang selalu divisualisasikan,  akan mudah terekam dalam pikiran bawah sadar. Lalu muncul kekuatan pikiran tersebut, yang berperan sebagai penghubung antara jiwa dengan tubuh. Sehingga tubuhpun bereaksi dengan mengerahkan seluruh potensi yang sebelumnya tidak pernah digunakan, dalam bentuk kreatifitas atau tindakan. Memvisualisasikan impian memungkinkan seluruh impian tercapai oleh pikiran bawah sadar.

Berikut ini beberapa langkah dalam memvisualisasikan impian, yaitu:
1.     Mendefinisikan impian. Mendefinisikan impian artinya memberikan batasan atau standar akan impian yang hendak dicapai. Gambarkan bahwa semua impian seolah-olah Anda sudah sepatutnya dapat diraih.
2.     Menentukan target waktu. Dambakan impian itu terwujud sesuai target yang telah ditentukan, sebab impian tanpa target waktu hanya akan menjadi mimpi sesaat. Impian dengan target waktu akan menggerakkan kesadaran untuk tidak segan-segan melakukan perubahan. Mulailah dari sekarang untuk menjadi yang terbaik, untuk melakukan yang terbaik, kemudian biarlah Tuhan yang menentukan.
3.     Melakukan berulang-ulang. Melakukan ulangan artinya mengkondisikan diri kita untuk lebih sering ingat akan impian kita. Jika sering ingat, maka perlahan-lahan impian
itu akan tertanam di alam pikiran bawah sadar. Bila pesan sudah diterima oleh SCM (sub-conscience mind), maka dia akan menggerakkan diri kita untuk menciptakan keputusan atau menjadikan kita lebih kreatif.




Jika impian lebih sering diimajinasikan ternyata dapat melipat gandakan kekuatan dari pikiran bawah sadar. Imajinasi yang diulang-ulang ini akan secara tidak langsung merangsang ilusi akan kenyataan yang luar biasa tentang potensi kita sebagai umat manusia. Sehingga diri kita akan berusaha keras mencapai impian yang divisualisasikan. Dalam praktiknya, visualisasi sebenarnya adalah proses menciptakan ide,bayangan mental,atau gambaran di lubuk hati kita yang paling dalam. Ini merupakan cara untuk bergerak memasuki tingkat kesadaran yang lain dan menanamkan gambaran yang kita inginkan.

Dalam pelaksanaannya,visualisasi harus didahului dengan relaksasi,karena hanya dengan cara inilah kita dapat menyentuh energi bawah sadar dengan kuat. Ketika kita berada dalam kondisi yang santai dan hening secara mental, itulah saatnya kita menggunakan imajinasi untuk memvisualisasikan sesuatu yang kita inginkan. Semakin kuat keinginan kita, semakin fokus energi yang kita arahkan ke bayangan mental, sehingga potensi untuk mewujudkan bayangan ke dalam realitas fisik akan lebih kuat.

Visualisasikan impian anda senyata mungkin. Bila anda menginginkan sesuatu maka pikiran bawah sadar akan menggambarkan apa yang diimpikan tersebut. Napoleon Hill menulis “apa yang  anda pikirkan dan anda percaya, anda dapat meraihnya”. Jika anda memvisualisasikan hasil akhir dari rencana atau impian anda berulang-ulang dengan perasaan atau emosi yang dalam maka hal itu akan terwujud. Ini yang disebut dengan visualisasi kreatif.




Teknik visualisasi inilah yang dilakukan oleh komedian sukses Jim Carey. Hasrat yang menggebu - gebu untuk menjadi komedian sukses membuatnya suatu hari menulis selembar kertas yang dianggapnya cek bernilai US$10 juta. "Cek" dengan tanggal di bagian atasnya itu terus disimpannya di dalam saku. Ketika mengalami hambatan dalam karir. Ia sering menyendiri ke atas bukit dan memandang kota Los Angeles seraya membayangkan dirinya sebagai bintang film sukses Hollywood. Ia lalu melihat kembali cek yang ditulisnya itu. Siapa sangka beberapa tahun kemudian ia menandatangani kontrak bernilai lebih dari US$ 10 juta untuk film The Mask. Menariknya tanggal pada tanggal "cek" buatannya dulu berdekatan dengan tanggal pada cek pembayaran kontrak.

Dalam memrogram pikiran bawah sadar, mulailah dengan Relaksasi, diikuti dengan Autosugesti dan Afirmasi dan dikuatkan dengan Visualisasi.





SUMBER :
2.     Kekuatan Pikiran Bawah Sadar, Andrew Ho
3.     Majalah Nirmala
5.     Sejuta.jalan.blogspot.com
6.     Tejasurya,  Kekuatan Alam Pikiran Bawah Sadar
7.     Visualisasi dan Afirmasi, dr. Stefanus Isaac Tamzil
8.     www/buset.online.com

loading...

Belum ada Komentar untuk "KEKUATAN PIKIRAN DAN MEDITASI (8)"

Posting Komentar