ENERGI SPIRITUAL (5) - (Menyerap Energi Positif)

Banyak  beban hidup kita, yang seringkali secara signifikan menurunkan prestasi kerja kita. Untuk itu peningkatan energy positif sangat diperlukan. Berikut ini disajikan Bagaimana Menarik  dan meningkatkan Energi Positif. 


Menarik Energi Positif
1.     Lakukan afirmasi positif / do’a positif. “Kita semua adalah hasil dari apa yang kita pikirkan.” Kutipan Sang Buddha yang sudah berusia lebih dari 2.500 tahun yang lalu sebelum ilmu pengetahuan modern  meneliti bahwa membran sel-sel kita ‘mengandung protein khusus yang disebut Protein Integral Membran, yang merespon sinyal energi, termasuk sinyal energi yang berasal dari pikiran kita. Dalam istilah awam, tindakan “berpikir” mempengaruhi kondisi biologis dan medan energi. Pikiran itu seperti tanah, jika kita menanam positif maka hasilnya positif. Sebaliknya jika menanam negatif, maka hasilnya negatif. Jika pikiran Anda negatif, maka Anda menarik energi negatif. Tapi bagaimana Anda menarik energi positif?. Untuk menarik energi positif, Anda perlu untuk memerangi pikiran negatif, memelihara kesucian hati, dan mengisi hari Anda dengan kegiatan positif. Pikirkan “Saya bisa”, bukan “Saya tidak bisa”, atau “Saya tidak mampu.” Demikian juga, Anda perlu untuk menumbuhkan sikap yang positif, dan meningkatkan aura semangat Anda.
2.     Pertahankan Chakra agar Seimbang. Tubuh terdiri dari tujuh chakra mayor, yang merupakan pusat energi utama yang mengasimilasi energi dari medan energi universal. Jika salah satu chakra tersumbat atau tidak seimbang, maka aliran energi tubuh terganggu, dan aura energi akan kacau, sehingga  perlu untuk dijaga supaya chakra  terbuka dan seimbang, dengan rutin melakukan meditasi.
3.     Jadikan Rasa Syukur Sebagai Kebiasaan. Sikap syukur adalah resep rahasia untuk menarik energi positif. Bersyukur memberikan kita  emosi positif, yang memancarkan getaran positif, meningkatkan frekuensi getaran, dan membuka gerbang untuk kelimpahan berkah. Mulailah berlatih bersyukur hari ini dengan menuliskan setidaknya lima hal yang benar-benar Anda syukuri, kemudian bacalah. Ulangi langkah ini,untuk  seterusnya.. Setelah Anda masuk ke kebiasaan mengulangi rasa syukur, Anda tidak akan berhenti bersyukur, dan medan energi positif Anda akan bersinar cerah. Lihatlah, perubahannya. Anda pasti disukai orang, pekerjaan lancar, dan semua sisi positif akan hadir pada hidup Anda.
4.     Tunjukkan Cinta Kasih Kepada Sesama Setiap Hari. Saya sangat setuju perkataan, “memberi adalah menerima.” Memberi dan menerima dapat disamakan dengan Yin dan Yang. Mereka adalah dua kekuatan berlawanan yang saling bergantung. Pada dasarnya, kesediaan kita untuk memberikan secara langsung (bersedekah), berkorelasi dengan apa yang kita terima. Ini adalah hukum alam semesta. Bila Anda penuh kasih, Anda pasti memancarkan getaran positif, yang berarti lebih banyak energi positif datang dengan cara Anda sendiri. Berbuatlah kebaikan tanpa mengharapkan imbalan apapun (ikhlas), “apa yang bisa saya lakukan hari ini semata hanyalah memberikan kebahagiaan untuk orang lain.”.  Alam semesta akan merespon.
5.     Kelilingi Diri Anda dengan Orang Positif. Kita semua saling terkoneksi. Massa alam semesta ini juga terdapat dalam satu partikel. Ini artinya, informasi tentang seluruh alam semesta sudah berada di dalam setiap sel di dalam tubuh kita. Ini juga artinya, informasi semua orang di dunia ini juga ada di dalam setiap sel di dalam diri kita. Ini juga berarti, Anda ada di dalam diri saya, dan saya pun juga berada di dalam diri Anda. (Tat Twam Asi) Ini artinya, memenuhi diri kita dengan sikap positif, sama halnya memberdayakan diri kita sendiri. Karena orang lain berada di dalam setiap sel dalam diri kita, maka berbuat baik kepada orang lain sama juga berbuat baik kepada diri sendiri. Itulah mengapa saya sarankan penting untuk membangun jaringan dengan orang-orang yang positif. Perkuat medan energi Anda dengan dikelilingi orang-orang yang mampu menginspirasi Anda, mendorong Anda, mengangkat hati Anda, dan membuat Anda selalu merasa positif. Kelilingilah selalu diri Anda hanya dengan orang-orang yang akan mengangkat semangat Anda lebih tinggi. – Oprah Winfrey.
  


Meningkatkan Energi Positif
1.     Kerjakan tugas yang anda cintai. Kecintaan itu akan memunculkan gairah dan semangat, yang kemudian akan meningkatkan energi Anda. Rasanya persis seperti kita mencintai seseorang, yang membuat kita bergairah untuk suka dan rela membahagiakan orang yang kita cintai. Maka, pilihlah tugas yang memang Anda cintai dan senangi; tugas yang memberikan kepuasan setelah menyelesaikannya. Bagaimana bila kita tidak dapat tugas yang kita cintai, tetapi hanya mengikuti perintah atasan? Lihat tips # 4 di bawah.
2.     Berolah raga secara teratur. Tak dapat disangkal lagi, olah raga akan meningkatkan energi positif kita. Olah raga akan membuat kita merasa baik. Olahraga teratur membuat tingkat energi kita jadi lebih tinggi.
3.     Diet tepat, bangkitkan energi. Diet yang kaya karbohidrat, protein, rendah lemak dan banyak serat sangat perlu untuk mempertahankan tingkat energi Anda. Kurangi gula (sugar) agar terhindari dari efek roller coaster dari gula tersebut.
4.     Bekerja dengan memfokuskan pikiran pada hasil akhirnya. Anda mungkin mengalami stres sehingga energi Anda terkuras habis dan pekerjaan tak kunjung selesai atau bahkan tak kunjung dimulai. Nah di sinilah kita perlu “memfokuskan pikiran kita pada hasil akhir dari penyelesaian tugas”. Jika Anda memfokuskan pikiran pada hasil akhir-nya, maka itu akan berubah menjadi kekuatan besar yang memotivasi Anda untuk mencapai tujuan. Anda merasa ber-energi untuk mencapai tujuan dengan biaya berapa pun. Apa hasil akhir dari penyelesaian tugas? Ada banyak bentuknya: menerima uang, penghargaan, prospek kenaikan pangkat, atau kebanggan telah meninggalkan warisan hasil kerja, atau bentuk lain yang membuat kita menjadi terdorong bekerja secara suka dan rela. Bagaimana cara memfokuskan pikiran pada hasil akhir itu? Salah satu caranya: duduklah yang nyaman kemudian imaginasikan (bayangkan): diri kita telah menerima hasil akhir itu. Lalu perbesar gambarnya, tambahkan warna dan suara-suara penghargaan dalam gambar imaginasi tadi. Perbesar dan perjelas gambarnya, sambil rasakan adanya semangat yang bergelora di dalam tubuh kita. SEMANGAT!
5.     Senyumlah. Senyum itu menular. Senyum akan meningkatkan suasana hati Anda. Ketika Anda berjalan dengan senyum di wajah, orang-orang akan menanggapi Anda dengan keramahan. Tanggapan positif seperti itu akan mengubah hari-hari Anda.
6.     Tingkatkan energi positif Anda melalui bahasa tubuh. Bahasa tubuh positif akan membantu Anda untuk meningkatkan energi positif. Cobalah berjalan seperti seorang “pejabat yang percaya diri dan dicintai bawahan”. Cobalah dengan sungguh-sungguh. Adakah energi positif bergelora di tubuh kita? Cobalah berjabat tanganlah yang erat dan hangat penuh persaudaraan, ubah postur tubuh kita mengikuti orang yang tenang, berkontak matalah dengan tenang dan penuh persaudaraan, dan lain-lain yang menghasilkan energi positif.
7.     Berpakaian baik. Berpakaian yang tepat, jelas meningkatkan rasa percaya diri dan energi positif Anda. Kalau Anda merasa salah kostum, dan anda tidak dapat membuang perasaan salah itu, maka anda akan jadi nervous; artinya: energi positif Anda terkuras!
8.     Hindari penguras energi positif kita. Jangan buang waktu dengan orang-orang yang terlibat dalam obrolan tak bernilai, ber-aura negatif serta yang hanya membuang-buang waktu berharga Anda. Jika Anda merasakan ada getaran buruk yang cenderung menguras energi, tinggalkan dan jauhi dengan sopan, agar mereka tidak menjadi penguras energi Anda.
9.     Bergaul dengan orang-orang berpikiran positif. Cari sekelompok orang yang berpikiran positif yang seminat. Mereka akan menjadi pendukung Anda, sehingga akan dapat meningkatkan pertumbuhan Anda. Ketika Anda berada dalam kelompok seperti itu, ada energi kolektif yang bekerja untuk kebaikan semua orang dalam kelompok tersebut.
10.  Praktekan introspeksi positif. Luangkan waktu inventarisasi semua kualitas positif yang Anda miliki. Instrospeksi positif = lupakan hal-hal buruk (negatif) yang mungkin telah terjadi dan perbesar kualitas positif kita. Bersyukurlah untuk hal-hal positif yang telah kita perbuat, walaupun sangat kecil. “Secara sadar dan bersengaja, BERSYUKURLAH … bahkan untuk nikmat yang maha kecil”.

Compiled : IDP Sedana

loading...

Belum ada Komentar untuk "ENERGI SPIRITUAL (5) - (Menyerap Energi Positif)"

Posting Komentar