MISTERI JEMBATAN RAMAYANA (4)

Dinasti Rama
Ramayana, epos tertua dari dua epos India, mencakup area geografis yang sangat luas. Bila dibandingkan dengan epos yang lain dari belahan dunia manapun, tidak dapat mendekati epos Ramayana. Ibu tiri Rama Kaikeyi berasal dari Afghanistan dan  Sitha istrinya dari perbatasan Bihar – Nepal. Jadi hampir mencakup seluruh anak benua India, jadi secara historis merupakan Negara terbesar di dunia pada saat itu.
Dinasti Rama diperkirakan berkuasa di bagian Utara IndiaPakistanTibet hingga Asia Tengah.  Beberapa naskah Wedha dan Jain  mengenai Ramayana dan Mahabharata ternyata memuat bukti historis maupun gambaran teknologi dari Dinasti Rama yang diyakini pernah mengalami zaman keemasan dan salah satu kotanya adalah Mohenjo Daro di Sindh Pakistan. Namun untuk mengungkap lebih jauh lagi tentang usia dari karya dunia ini, maka para ahli Badan PBB  menggunakan “Uranium Radio Isotop”. Dan ternyata dari hasil uji radio isotop itu cukup mengagumkan. Para ahli berhasil mengungkap bahwa usia “Jembatan Sri Rama” mendekati usia hingga jutaan tahun.

Rama
Shri  Rama hidup pada masa Treta-yuga. Pada Vayu Purana (70.47-48) dinyatakan : Shri  Rama, putera dari Dasaratha, dalam peperangan dengan Rawana, Rawana terbunuh pada  Tretayuga yang ke 24. Asumsi yang umumnya didukung oleh beberapa ahli menyatakan bahwa Ramayana terjadi 5.000 SM  sampai 10.000 SM (ref. 7.323 B.C by Vedvidnyana Mandal ). Tetapi  Dr. Dev Singh “Advaiti” Sarvoch Nidhesk Bhavadas  dan beberapa penulis buku-buku agama, dengan berdasarkan kepada Ramayana Valmiki bahwa Ramayana terjadi sedikitnya pada sejuta tahun yang lalu. Misalnya pada Ramayana Valmiki, Sundara-Kanda IV/26,27,28 , IX/4,5 & XXVII/12,32,33 , Gujrati printing Press,Bombay, India, menjelaskan bahwa Hanuman pertama kali mendekati istana Rawana, dia melihat pintu keluar yang dikelilingi oleh kuda, dan kereta, tandu  dan kendaraan nirwana, kuda-kuda cantik dan gajah-gajah,  dengan empat pasang gajah  berhiaskan permata  tersebar di awan putih). Konfigurasi yang brilian ini sangt unik yang terjadi hanya sekali  sejauh ini dalam sejarah dan ini membantu kita dalam menentukan tanggal yang tepat tanggal kelahiran Rama, pada 10 Januari , 5114 SM (7127 yang lalu ). Sesuai dengan kalender India, hari itu adalah  hari Shukla Paksha pada bulan  Chaitra dan waktunya sekitar jam 12 sampai jam  1 siang. Waktu ini adalah persis sama dengan waktu dan tanggal ketika Rama Navami dirayakan diseluruh India.

Maharishi Valmiki kemungkinan astronomer besar pertama, dan konfigurasi planet yang digambarkannya  tetap bertahan seiring dengan berjalannya waktu.   Bahkan perangkat lunak komputer yang mutahir sesuai dengan kalkulasi astronominya tanpa diketemukan kesalahan. Rincian ilmiah menyatakan mengenai indikasi bahwa Shri Rama dilahirkan sekitar  7.000 tahun yang lalu. Karenanya, untuk mengetahui kehidupan Shri Rama  akan menjadi lebih sulit, sebagai akihbat dari banjir, gempa bumi dan  penyerangan bangsa lain dsb. Rama, pahlawan dalam Ramayana, dipuja  dalam agama Hindu. Tiap tahun, umat Hindu  berziarah menjelajah India, berhenti disetiap tempat suci disepanjang perjalanan.
Lalu bagaimana kita mengatakan kalau Rama dilahirkan pada 10 Januari 5114 SM. Pushkar Bhatnagar dari Indian Revenue Service pencetus dari teori ini,  menggunakan perangkat lunak Planetarium, yang digunakan untuk memperkirakan pergerakan planet dan konfigurasinya. Dengan memasukkan posisi planet, konstelasinya seperti yang digambarkan oleh Maharishi Valmiki dalam naskah  Valmiki Ramayan, hal itu dimungkinkan  untuk menunjukkan tanggal yang penting  mulai dari tanggal kelahiran Shri Rama, dan tanggal kembalinya belau ke Ayodhya. Bukan hanya tanggal lahir Shri Rama yang dapat dilacak, tapi keseluruhan kejadian pada Ramayana dapat diketahui..  Pushkar Bhatnagar mulai melacak tanggal kelahiran Rama, Selanjutnya  di buku Ramayana Walmiki disebutkan Rama berusia 25 tahun  ketika beliau dibuang.. Kemudian pada tahun ke 13 Rama diasingkan , Valmiki mengisahkan terjadinya gerhana matahari (posisi Mars yang ditengah). Gerhana matahari ini dan konfigurasi yang khusus dapat terlihat di Panchavati.
Sementara itu Hanuman melihat  8 konstelasi ketika terbang kembali dari  Sri  Lanka ke Rameshwaram.. Biasanya orang bisa melihat tidak lebih dari 6 konstelasi pada saat tertentu. Tetapi karena Hanuman terbang  menyeberang dari India ke Sri Lanka yang memakan waktu sampai 4 jam sehingga dia bisa melihat 8 konstelasi – karena dalam waktu dua jam satu konstelasi akan hilang dari penglihatan, dan konstelasi yang lainnya akan terlihat, sehingga dalam waktu 4 jam, dimungkinkan melihat 8 konstelasi.



Dr.P.V.Vartak, Vastav Ramayan in Marathi, Vedvidnyana Mandal, Pune , menggambarkan pada 4 Desember 7323 SM, Saturnus berada pada   205 derajat  Jupiter pada  94 derajat., Mars antara  283 dan  298 derajat, Rahu pada  179 derajat dan matahari pada t 2 derajat. Konstelasi itu terjadi pada 4 Desember 7323, sebagai tanggal lahir Rama . Venus selalu  47 derajat dari Matahari, . Karena itu tanggal kelahiran Rama dapat dipastikan.
Sesuai dengan Laporan  Department of  Earth Sciences diketemukannya peralatan dan fosil manusia dari masa Mesolitik dan  Mikrolitik  dikedua sisi Jembatan Rama  mengindikasikan keberadaan struktur buatan manusia.. Berdasarkan perkiraan yang dibuat oleh panel pemerintah  mengenai perubahan iklim (NASA, Global Change Master Directory) kenaikan permukaan air laut dalam 7.000 tahun terakhir adalah sekitar 2.8 meter.  Sisa Jembatan Rama yang ditemukan berada sekitar 2.7 – 3.0 meter Jadi jelaslah bahwa jembatan ini dapat digunakan sebagai penghubung dua daratan  pada  7.000 tahun yang lalu. Masyarakat  dari  Kashmir sampai ke Kanyakumari dan dari  Bengali ke Gujarat, dimana-mana rakyat percaya dengan realitas  keberadaan Shri Rama.  Di daerah-daerah Himachal Pradesh, Rajasthan, Madhya Pradesh, Chhattisgarh, Karnataka dan di daerah timur laut India, kebanyakan upacara yang diperingati, adalah yang terkait dengan kehidupan Shri Rama dan Shri Krishna.
Untuk melakukan penggalian  sampai 7.000 tahun yang lalu, kita harus menggali lebih dari 60 meter, yang sampai sekarang belum pernah dikerjakan di India. Legenda maupun studi Arkeologi menunjukkan bahwa penghuni pertama Sri Lanka pada zaman primitif , sekitar  1.750,000 tahun yang lalu dan umur jembatan itu juga sekitar tahun itu. Jembatan Rama, adalah rantai batu koral buatan (bukan karena peristiwa alam) antara pulau Mannar, didekat Sri Lanka barat laut dan Rameswaram, di pantai tenggara India. Menurut kepercayaan Hindu, jembatan ini dibangun oleh Rama, inkarnasi Dewa Wisnu,  untuk menyelamatkan Sitha yang diculik ke Alengka oleh Rawana, seperti yang ditulis dalam kisah Ramayana. Banyak inskripsi, koin, panduan pengelana tua, referensi lama, peta religius kuno menandakan struktur ini dianggap suci oleh umat Hindu,

Artikel selanjutnya :
Rawana merupakan campuran antara Brahmin dan  Rakshasa, sehingga memperoleh status sebagai Brahmarakshasa. Rawana (Rahwana) adalah cucu Rsi Pulasthi dan putra dari Guru Wisrawas. ……. Rawana terlahir sebagai setengah Brahmin dan setengah  Raksasa. Brahmin bukanlah ras atau agama tetapi hanyalah status di masyarakat. Brahmin adalah penasehat raja dan masyarakat. …….. Dia  meminta agar dia bisa hidup abadi, yang ditolak oleh Shiwa, tetapi dia dianugrahi cairan nirwana sehingga dia tidak bisa mati. …….

Compiled By : I Dewa Putu Sedana, 

loading...

Belum ada Komentar untuk "MISTERI JEMBATAN RAMAYANA (4)"

Posting Komentar